Sandi Harap Penataan Trotoar di Sudirman Rampung Sebelum Asian Games

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 02 Mar 2018 23:00 WIB
Ilustrasi penataan trotoar (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta belum bisa memastikan kapan trotoar Sudirman-Thamrin akan rampung dikerjakan. Sandiaga mengatakan setidaknya sebelum Asian Games pengerjaan trotoar sudah maksimal.

"Baru dimulai sekarang, depan BNI yang baru mulai. Tadi kita cek yang depan Gelora, Gelora sudah ditutup, sengnya sudah naik, tapi belum dikerjakan. Jadi tiga bulan ke depan kita kebut. Pokoknya kita ingin paling nggak progres signifikan sebelum Asian Games," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/3/2018).

Sandiaga mengatakan pembangunan trotoar tidak menggunakan APBD. Pembangunan trotoar tersebut, menurut Sandiaga, menggunakan sisa dana CSR Simpang Susun Semanggi. "Itu pakai kompensasi KLB (Koefisien Luas Bangunan)," sebutnya.




Penataan trotoar kawasan Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin ditargetkan selesai sebelum gelaran Asian Games. Gubernur sebelumnya, Djarot Saiful Hidayat, sempat menargetkan trotoar dibangun pada Desember 2018.

"Kita canangkan revitalisasi kota sepanjang 6,6 km dari Patung Pemuda ke Patung Kuda," kata Djarot, Minggu (8/10/2017).



Namun, pada masa Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno, penataan trotoar Sudirman masih jalan di tempat. Anies sempat mengatakan ingin mengubah desain trotoar tersebut.

Sedianya desain baru trotoar sudah diumumkan pada Februari lalu. Tapi hingga awal Maret, Anies masih enggan mengungkapkan desain trotoar yang baru.

"Bukan diundur. Desainnya sudah, yang diundur itu adalah rancangan sosialisasinya. Kalau desainnya sudah, makanya sudah mulai jalan," kata Anies seusai salat Jumat di pendapa Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/3). (fdu/rvk)