Sandiaga Minta Pemilik Gedung Sekitar Melawai Tampung PKL

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 02 Mar 2018 13:40 WIB
PKL di trotoar kawasan Melawai, Jakarta Selatan Foto: Agung Pambudhy/detikFoto
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan berkomunikasi dengan pemilik gedung di sekitar Melawai, Jakarta Selatan. Sandiaga ingin para pemilik gedung mau menampung PKL agar tidak jualan di trotoar.

"Saya maunya seperti itu (PKL masuk ke gedung). Nanti saya akan bicara sama pemilik gedung di sekitar sana. Kita juga ingin trotoar itu digunakan sesuai fungsinya untuk memuliakan pejalan kaki," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/3/2018).

Sandiaga mengatakan PKL ada di trotoar tersebut karena kebutuhan warga di sekitar lokasi. Dia menyebut PKL ada untuk memenuhi kebutuhan karyawan di gedung.


"Jadi insyaallah saya ingin memohon bagi pemilik gedung. Ayolah sediakan tempat untuk makan bagi para pegawai karyawannya. Karena kalau tidak disediakan tempat makan mereka akan cari makan di luar dan di mana ada demand di situ ada suplai, simpel aja," jelasnya.

Sebelumnya, Sandiaga telah memerintahkan jajarannya mencari tempat baru untuk PKL yang berjualan di trotoar kawasan Melawai, Jakarta Selatan. Sandi ingin para PKL tetap bisa menjual makanan atau barang-barang yang dibutuhkan para karyawan yang bekerja di kawasan tersebut.


"Nah, kuncinya sebetulnya harus disediakan tempat di situ, lokasi sementara. Saya sekarang lagi minta Ibu Lurah (Lurah Melawai Kurnia Rita), juga Dinas UKM di wilayah Jakarta Selatan, untuk mencoba mencari di mana lokasi sementara. Karena sebetulnya masyarakat di sekitar situ memerlukan (PKL)," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3).

Sandi berharap para PKL yang berjualan di Jalan Sunan Ampel dan Jalan Aditiawarman ikut program OK OCE. Selain itu, nantinya juga akan dibuka komunikasi dengan pengelola gedung di sekitar kawasan tersebut agar mau menyediakan tempat.

"Kita nanti lihat dari hasil pelatihannya, lokasi sementara di mana cocoknya. Dan sebetulnya kita ingin tawarkan ke pemilik gedung sih, di sekitar situ. Maulah menampung mereka (PKL). Karena ini murni, pekerja di gedung-gedung tersebut yang menggunakan servis mereka," papar Sandi.

(fdu/hri)