Ini Alasan Sandi Tolerir Keberadaan PKL di Trotoar Melawai

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kamis, 01 Mar 2018 13:44 WIB
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Fida-detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mentolerir keberadaan PKL di trotoar kawasan Melawai, Jakarta Selatan. Menurutnya, karyawan di sekitar lokasi mendukung keberadaan para PKL di sana.

"Saya tanya yang berjalan kaki. Saya bilang terganggu nggak? (Dijawab) 'kami justru perlu ini'. Jadi karena itu bukan arteri jalan kaki," kata Sandiaga di Hotel Luminor, Pecenongan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).

Meski demikian, Sandiaga mengaku akan tetap memberi ruang bagi pejalan kaki di trotoar yang telah diokupansi PKL tersebut. Dia ingin fungsi trotoar tetap harus mengutamakan pejalan kaki.


"Karena trotoar itu memang harus menjadi fungsinya untuk pejalan kaki. Kita harus carikan jalan supaya ada sedikit ruang untuk pejalan kaki," jelasnya.

Politikus Gerindra ini juga mengatakan, PKL di Melawai akan segera didaftarkan untuk mengikuti pelatihan OK OCE. Dia akan segera menggelar pelatihan OK OCE bagi PKL tersebut.


"Ya sekarang mulai 75 dari para pedagang kecil mandiri tersebut akan didaftarkan (OK OCE) di kecamatan Kebayoran Baru. Mereka hadir di situ karena dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, termasuk (karyawan) gedung-gedung tersebut," terangnya.

"Gedung PLN yang karyawannya kemarin secara volunteer datang ke saya, bilang bahwa kami butuh untuk makan pagi di sini, untuk makan siang," pungkasnya.

(fdu/hri)