DetikNews
Senin 26 Februari 2018, 23:28 WIB

Gempa di Buru Dirasakan Kuat, Banyak Warga Berlarian ke Luar Rumah

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Gempa di Buru Dirasakan Kuat, Banyak Warga Berlarian ke Luar Rumah Ilustrasi peta gempa di Buru, Maluku (Foto: dok. BMKG)
Jakarta - Gempa bumi 6,1 SR mengguncang Pulau Buru, Maluku, malam ini. Gempa ini berjenis dangkal, sehingga dirasakan kuat.

"Jika ditinjau dari lokasi episenter (titik pusat gempa) dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Seram. Hal ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang berupa sesar naik (thrust fault)," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/2/2018).

Gempa tersebut berada di titik koordinat 2,70 LS dan 126,79 BT. Tepatnya di kedalaman 45 km dalam laut, berjarak 70 km arah timur laut dari Pulau Buru.

Dampak dari gempa ini, dilaporkan BMKG, dirasakan kuat di Namlea dalam skala kekuatan gempa bumi intensitas III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity), sementara di Kairatu II-III MMI.

"Banyak warga di Namlea dilaporkan berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri, tetapi hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan," kata Daryono.

Gempa itu sendiri tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Dari gempa pertama pukul 20.34 WIB, telah terjadi satu kali gempa susulan.

"Hingga pukul 20.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi satu kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M 3,7. Kepada masyarakat diimbau tetap tenang," tutur Daryono.
(nif/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>