DetikNews
Minggu 25 Februari 2018, 17:53 WIB

Akun Ustaz Somad Di-suspend, Kominfo Minta Klarifikasi ke Instagram

Aditya Mardiastuti - detikNews
Akun Ustaz Somad Di-suspend, Kominfo Minta Klarifikasi ke Instagram Foto: Dok. Fanpage Facebook Ustaz Somad
Jakarta - Akun Instagram Ustaz Abdul Somad mendadak tidak bisa diakses alias di-suspend. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah meminta penjelasan dari pihak Instagram.

"Kita sudah ngecek ke FB (Facebook,-red) kalau sudah ada penjelasan dari FB atau Instagram, nanti kita sampaikan," kata Plt Kepala Biro Humas Setjen Kominfo Noor Iza saat dihubungi, Minggu (25/2/2018).

Noor mengatakan pihaknya sudah meminta penjelasan pihak Instagram setelah mengetahui adanya suspend. Noor menambahkan Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan masih menunggu jawaban pihak Instagram.

"Komunikasinya sama (antara IG dan FB), dari tadi siang ketika kita tahu suspend kita cek ke FB ada apa. Kenapa disuspend, langsung kita tanyakan. Pak Dirjen, Pak Sami saat ini masih menunggu jawaban," jelasnya.


Sebelumnya diberitakan, akun instagram Ustaz Somad mendadak tidak bisa diakses. Somad juga mengumumkan perihal penutupan tersebut di akun Facebook resminya Ustadz Abdul Somad.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Sahabat-sahabat yang kami sayangi, kami ingin menyampaikan bahwa sejak tadi malam (Sabtu, 24 Februari 2018) kami sudah kehilangan akses terhadap akun Instagram resmi Ustadz Abdul Somad, Lc. MA @ustadzabdulsomad, tanpa ada pemberitahuan apa-apa.

"Apakah ini akan memadamkan semangat berdakwah? Tidak. Satu pintu kalian tutup akan terbuka pintu yang lainnya."
(UAS)


Banyak juga netizen yang mempertanyakan soal akun instagram Ustaz Abdul Somad tidak bisa diakses. Salah satu yang bertanya adalah Wali Kota Bandung nonaktif Ridwan Kamil (Kang Emil) dan Felix Siauw. Keduanya meminta instagram mengembalikan akun Ustaz Somad tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta agar Komisi I memanggil Instagram untuk minta penjelasan. Namun, Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid mendorong agar Kominfo yang turun tangan.


(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed