DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 12:44 WIB

Mendagri: 2 Kabupaten Belum Penuhi Anggaran Keamanan Pilkada

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Mendagri: 2 Kabupaten Belum Penuhi Anggaran Keamanan Pilkada Foto: Mendagri Tjahjo Kumolo (Parastiti Kharisma/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyinggung ada 2 kabupaten yang belum memenuhi anggaran keamanan Pilkada 2018. Tjahjo meminta masalah anggaran tersebut segera dirampungkan.

"Masih ada dua kabupaten belum mau memenuhi anggaran keamanan pilkada serentak. Ada di provinsi di timur dan barat Indonesia," kata Tjahjo di Rakernas Pilkada 2018 di hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).

"Segeralah melunasi anggarannya supaya keamanan dan panwas bisa berjalan baik di pilkada hingga menjelang pilpres," sambung Tjahjo.


Sayangnya, Tjahjo tidak menyebut daerah-daerah mana saja yang belum memenuhi anggaran keamanan pilkada itu. Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman membenarkan ada daerah yang belum membayarkan anggaran keamanan.

"Infonya begitu. Silakan tanya ke Mendagri," kata Arief.

Ada 171 daerah yang menggelar Pilkada serentak 2018 nanti dengan rincian 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Beberapa provinsi di antaranya adalah Riau, Lampung, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sebelumnya, 171 daerah telah menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) Pilkada serentak 2018. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan,saat ini KPU masih mengecek transfer dana.

"Pilkada 171 daerah, sudah tanda tangan NPHD," ujar Arief, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

NPHD ialat alat untuk menyelenggarakan pilkada. NPHD diusulkan oleh penyelenggara pemilu untuk ditandatangani oleh kepala daerah lalu dicairkan agar penyelenggara pilkada memiliki dana.

NPHD ialah alat penyelenggara untuk menyelenggarakan pilkada. NPHD diusulkan oleh penyelenggara pemilu untuk ditandatangani oleh kepala daerah lalu dicairkan agar penyelenggara pilkada memiliki dana.
(fiq/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed