DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 15:46 WIB

GBK Rusak, Fadli Bandingkan Kelakuan Suporter Indonesia dan Inggris

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
GBK Rusak, Fadli Bandingkan Kelakuan Suporter Indonesia dan Inggris Foto: Fadli Zon (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Sejumlah fasilitas Stadion GBK rusak saat penyelenggaraan final Piala Presiden 2018. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyebut panitia pertandingan sepakbola seharusnya lebih ketat saat menjaga suporter saat masuk ke stadion.

"Rusaknya GBK ya panitianya harusnya kan bisa membuat jalur itu makin teratur dan kemudian tidak mudah untuk orang menerobos dan sebagainya," kata Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2018).



Fadli lantas membandingkan perilaku suporter sepakbola di Indonesia dengan suporter di Inggris. "Saya melihat ya dalam pertandingan di negara lain, di Inggris terutama. Lihat di Arsenal, di Manchester United dan lain-lain itu para suporter juga tertib," tuturnya.

Meski ia mengaku belum mengecek fasilitas apa yang telah diperbaiki, Fadli tetap mengimbau kedisiplinan diterapkan di Stadion GBK. Fadli ingin suporter menjaga fasilitas GBK.

"Saya belum tahu infrastruktur seperti apa yang ada di GBK sekarang yang sudah direnovasi cukup mahal. Saya kira ada sebuah sisi, satu dari sisi fasilitasnya harus membuat ada kedisiplinan, di sisi lain dari para fans sepakbola sendiri lah," imbaunya.

Seperti diketahui, kemenangan Persija Jakarta atas Bali United di final menyisakakan kerusakan yang ditimbulkan akibat ulah suporter. Tak cuma beberapa kursi, pagar pembatas lapangan, dan juga gerbang GBK yang rusak, tapi taman-taman di sekitar GBK juga hancur terinjak-injak.

Diketahui GBK baru dibuka lagi awal tahun ini setelah direnovasi selama 1,5 tahun dan menelan biaya Rp 770 miliar.
(yas/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed