Diuji Coba, Belum Ada Penumpang Gunakan OK Otrip di Jelambar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 19 Feb 2018 15:31 WIB
Uji Coba OK Otrip Grogol-Tubagus Angke. (Arief/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menguji coba OK Otrip 04 jurusan Grogol-Tubagus Angke. Delapan unit angkutan disiapkan di Terminal Grogol, Jakarta Barat.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (19/2/2018), ada tiga angkutan yang bersiaga di Terminal Grogol. Tidak terlihat penumpang yang naik ke angkutan tersebut.

Setiap angkutan antre selama 10 menit sebelum diberangkatkan. Saat salah satu mobil berangkat sekitar pukul 14.40 WIB, kursi penumpang masih kosong.

Di samping sopir, petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta menjadi petugas on board. Mereka mencatat dan membantu penumpang melakukan tapping kartu OK Otrip.

Tak lama kemudian, ada angkutan OK Otrip yang baru datang. Sopir, Udin, mengaku tidak menarik penumpang selama perjalanan.

"Nggak ada (penumpang). Kan masih hari pertama, sosialisasi. Tapi untungnya dibayar per kilometer," ucap Udin.

Sementara itu, Kasi Angkutan Jalan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Mohammad Hosen mengatakan hari ini masih melakukan sosialisasi OK Otrip. Petugas akan meminjamkan kartu OK Otrip selama tiga bulan.

"Untuk belajar bahwa kalau naik ini pakai kartu, gratis. Untuk kartu bisa dibeli di halte TransJakarta," ucap Hosen kepada detikcom di lokasi.

Diuji Coba, Belum Ada Penumpang Gunakan OK OTrip di JelambarUji Coba OK Otrip Grogol-Tubagus Angke. (Arief/detikcom)

Hosen berharap OK Otrip bisa digunakan masyarakat karena jauh lebih murah. Sebab, hanya perlu membayar Rp 3.500 untuk perjalanan yang dilanjutkan dengan TransJakarta.

"Kalau naik ini nggak didebit. Tetap utuh, kalau (tapping) TransJakarta baru dipotong," ucap Hosen. (aik/idh)