DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 15:17 WIB

Tembok Belakang Rumah Ambrol Dekat Jalan Retak, Ini Kata Pemilik

Yulida Medistiara - detikNews
Tembok Belakang Rumah Ambrol Dekat Jalan Retak, Ini Kata Pemilik Tembok belakang rumah yang ambrol di pinggir aliran Kali Ciliwung, Sabtu (17/2/2018). (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Tembok belakang tiga rumah di Jl Matraman Dalam III, Jakarta, ambrol. Tembok roboh itu terjadi di dekat jalanan retak di Kampung Berlan, Jl Kesatrian X, Matraman.

Rumah yang ambrol temboknya di pinggir aliran Kali Ciliwung ini bernomor 15-A, 15-B, 15-C RT 07 RW 07. Salah satu penghuni rumah yang menolak menyebutkan identitasnya mengatakan ambrolnya tembok belakang rumah berawal pada kejadian pada Senin (11/2) malam.

"Dari semalam retak. Lalu kami cek paginya, retak di kamar mandi, tapi tidak tahu kalau mau longsor, belum pernah ngalamin," kata penghuni rumah, Sabtu (17/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Penghuni ini lantas bertanya kepada tetangganya. Dua rumah di dekatnya juga mengalami hal yang sama.

"Saya tidak tahu. Namanya longsor mana bisa tahu. Tahunya diteriakin dari Berlan, kan di sana duluan yang retak jalanan," sambungnya.

Tembok Belakang Rumah Ambrol Dekat Jalan Retak, Ini Kata PemilikFoto: Yulida Medistiara/detikcom

Jarak rumahnya dengan jalan retak di Kesatrian X sekitar 40 meter. Rumahnya dengan jalan retak dipisahkan oleh Kali Ciliwung.

Setelah kejadian ambrolnya tembok belakang, petugas PPSU membantu mengangkut barang-barang dari belakang ke depan rumah. Selain itu, Lurah Pegangsaan sudah datang ke lokasi.

Pihak kelurahan, menurutnya, masih akan berkoordinasi dengan pihak Pemprov DKI. Saat ini dinas terkait di Pemprov DKI masih memprioritaskan jalanan retak di Berlan.

"Prioritas sana dulu sepertinya. Soalnya kan jalanan umum. Sekarang belum ada omongan. Mungkin katanya kalau ada apa-apa akan dipanggil ke RW karena katanya mesti koordinasi ke instansi terkait," ujarnya.

Meski tembok bagian belakang ambrol, penghuni tetap tinggal dalam rumah tersebut. Namun pembangunan ulang bagian belakang rumah belum bisa dilakukan.
(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed