DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 14:02 WIB

KPK Sebut Transaksi Suap Bupati Subang Sudah 8 Kali Dilakukan

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Sebut Transaksi Suap Bupati Subang Sudah 8 Kali Dilakukan Bupati Subang Imas Aryumningsih (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK menyebut transaksi suap terkait izin pendirian pabrik di Subang yang menjerat Bupati Subang Imas Aryumningsih bukan sekali dilakukan. Total ada 8 kali transaksi yang telah dilakukan.

"Diduga sejak pertengahan 2017 pemberian uang terhadap perantara secara bersama-sama sudah terjadi hingga sekitar 8 kali termasuk penerimaan terakhir yang ditangkap KPK. Total dugaan penerimaan adalah Rp 1,4 miliar," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (15/2/2018).

Saat ditahan dini hari tadi, Imas melontarkan bantahan adanya penerimaan suap. "Tidak ada. Uang suapnya, uang suap yang mana? Saya belum menerima sepeser pun, apalagi dari Darta (Data-red) maupun siapa pun," kata Imas.


Imas yang dicokok lewat OTT KPK, dijerat pasal penerimaan suap. Dia diduga menerima suap bersama Data (swasta) dan Asep Santika (Kabid Perizinan Pemkab Subang) dari Miftahhudin (swasta/PT ASP). Suap terkait dengan pemberian izin pembuatan pabrik di Subang.

KPK menduga adanya commitment fee awal antara pemberi dengan perantara Rp 4,5 miliar, sedangkan commitment fee antara bupati ke perantara adalah Rp 1,5 miliar. Namun, baru Rp 1,4 miliar yang terealisasi dibayarkan ke Imas dan perantaranya.

KPK juga menduga Imas menggunakan sebagian uang suap untuk kepentingan kampanye. Selain uang, Imas disebut menerima fasilitas baliho dan sewa mobil.

[Gambas:Video 20detik]




(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed