DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 12:21 WIB

Selain Hunian, Rusun Hybrid akan Jadi Lokasi Wisata

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selain Hunian, Rusun Hybrid akan Jadi Lokasi Wisata Ilustrasi rusun, Foto: Rusun Rawa Bebek. Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun rumah susun (rusun) hybrid di Penjaringan, Jakarta Utara. Selain sebagai hunian, rusun tersebut akan digunakan sebagai lokasi wisata.

"Ini mereka sembari berusaha ada water treatment, air dan sanitasi dan rusun akan membuat tempat wisata di lantai lima. Makanya, konsepnya hanya lima lantai, akan dibuat kafe," kata Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup Blessmiyanda saat dihubungi, Rabu (14/2/2018).


Blessmiyanda mengatakan telah ada pihak swasta yang tertarik dengan pembangunan rusun tersebut. Menurutnya, warga dapat mencicil kepemilikan rusun hingga 20 tahun.

"Pakai investasi. KPBU, Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Jadi dia nanti PPP (Public Private Partnership). Sifatnya mencicil dalam 20 tahun misalnya. Peran pemerintah, memfasilitasi konsep," jelasnya.


Blessmiyanda belum dapat memastikan kapan rusun tersebut akan mulai dibangun. Dia menuturkan konsep rusun tersebut sedang dikaji dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman DKI Jakarta.

"Ini as soon as possible, jadi sesegera mungkin. Kami akan berkolaborasi dulu dengan Dinas Perumahan. Itu semua harus semuanya merupakan satu bagian bagian kerja sama," paparnya.
(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed