DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 10:56 WIB

Mufidah Kalla Nilai Tenun Baduy Bisa Jadi Produk Fashion Unggulan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Mufidah Kalla Nilai Tenun Baduy Bisa Jadi Produk Fashion Unggulan Foto: Mufidah Kalla melihat tenun Baduy (Bahtiar-detikcom)
Serang - Mufidah Kalla yang juga istri Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai tenun Baduy bisa menjadi produk fashion unggulan. Di Banten, tenun ini menurutnya sudah dikenal di berbagai kalangan.

Saat berkunjung ke Dekranasda Banten Mufidah Kallah menyampaikan bahwa tenun Baduy mesti ditingkatkan kualitas produknya. Dewan kerajinan daerah bisa menumbuhkan inovasi para perajin tenun dengan menggali motif-motif khas Banten lainnya.

"Di samping itu, untuk meningkatkan produk budaya, perlu ditingkatkan desain dan dilanjutkan ke produk fashion. Perlu kerja sama dengan desainer untuk menaikkan kelas perajin menjadi pelaku usaha," kata Mufidah Kalla di Jl Brigjen KH Syam'un, Kota Serang, Banten, Rabu (14/2/2018).

Di beberapa daerah, para perajin warisan budaya nasional dalam bentuk kerajinan mulai menurun. Dewan kerajinan Banten menurutnya perlu memperhatikan regenerasi para perajin warisan tersebut. Ia menyarankan agar ada pelatihan khusus bagi pemuda termasuk dibuat jurusan kriya seni di SMK yang dapat melahirkan usaha baru.

Mufidah Kalla Nilai Tenun Baduy Bisa Jadi Produk Fashion UnggulanFoto: Mufidah Kalla melihat tenun Baduy (Bahtiar-detikcom)





Di samping itu, para perajin juga bisa memperluas jaringan melalui pemanfaatan jual beli online agar produknya bisa mendunia. Jika sudah maju, menurutnya warisan budaya dalam bentuk kerajinan ini bisa mendukung pada sektor pariwisata misalkan Tanjung Lesung.

Di Banten, Mufidah Kalla juga menilai selain tenun Baduy, kerajinan gerabah dan batu Kalimaya bisa menjadi produk unggulan. Ia berharap, pihak Pemda bisa ikut aktif dalam pengembangan kerajinan dan produk kerajinan melalui pelatihan dan pembinaan.
(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed