Pabrik Ekstasi di Aceh Utara Terbongkar, 4 Pelaku Diamankan

Datuk Haris Maulana - detikNews
Senin, 12 Feb 2018 19:07 WIB
Aceh - Anggota Polres Lhokseumawe menggerebek pabrik pembuatan pil ekstasi di kawasan Keude Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Aceh. Empat tersangka ditangkap bersama ratusan butir ekstasi siap edar.

Mereka adalah MU, MA, JA warga Kecamatan Meurah Mulia dan SO warga Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

"Sudah kita tangkap. Dugaannya mereka merupakan sindikat pengedar dan melakukan produksi narkoba jenis pil ekstasi," kata Kasat Narkoba Polres Lhokseumawe Iptu Zeska Julian Wijaya kepada detikcom, Senin (12/2/2018).

Dia menjelaskan pengungkapannya berawal dari laporan masyarakat di kawasan Keude Bayu, Kecamatan Syamtaliran Bayu, kerap dijadikan transaksi narkoba jenis ekstasi.

Mendapat laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan di sekitar lokasi dan pada Rabu (7/2) mengamankan tersangka MU dan MA. Saat dilakukan penggeledahan, petugas menemukan 21 butir pil ekstasi dan 2 unit HP.

Usai ditangkap, keduanya bernyanyi kepada petugas dan selanjutnya melakukan pengembangan hingga menangkap JA di Kecamatan Meurah Mulia. Dari JA polisi mengamankan satu unit HP. Tak mau berhenti begitu saja, petugas terus memburu sindikatnya dan menangkap tersangka SO di kawasan Keude Geudong, Kecamatan Samudera.

"Saat kita lakukan penggeledahan terhadap tersangka SO, di rumahnya kita temukan barang bukti alat pembuat pil ekstasi bersama 107 butir pil ekstasi dan 1 paket sabu 0,29gram/bruto," sebut Zeska.

Zeska menambahkan dari keempat tersangka itu, MU, MA, JA merupakan pengedar pil ekstasi selama ini sedangkan satunya lagi berinisial SO adalah peracik pil ekstasi oplosan tersebut.

"Mereka sudah kita amankan bersama barang bukti. Saat ini sedang kita kembangkan terkait peredaran narkoba tersebut," sebut Zeska.

(asp/asp)