DetikNews
Minggu 11 Februari 2018, 12:13 WIB

Soal Teror Air Keras, KPK: Novel Sudah Diperiksa Polda Metro Jaya

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Soal Teror Air Keras, KPK: Novel Sudah Diperiksa Polda Metro Jaya Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Ombusdman RI menyarankan Polda Metro Jaya memeriksa Novel Baswedan terkait teror air keras yang menimpanya. KPK menegaskan pemeriksaan itu sudah pernah dilakukan.

"Terkait dengan pernyataan pihak tertentu yang menyampaikan bahwa kendala penanganan perkara disebabkan belum bisa dilakukan pemeriksaan terhadap Novel, maka kami tegaskan Novel Baswedan telah diperiksa secara pro justicia oleh penyidik Polda Metro Jaya, bahkan sebelum operasi mata tahap 1 dilakukan," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Minggu (11/2/2018).


Febri menyebut dalam pemeriksaan itu juga didampingi oleh Pimpinan KPK. Koordinasi juga telah dilakukan dengan Polri dan Polda Metro Jaya.

"Jadi, Kami harap informasi-informasi yang disampaikan adalah informasi yang benar sehingga tidak membuat publik salah memahami," ucap Febri.


Hingga kini, baik keluarga Novel dan KPK juga terus menunggu pelaku penyerangan terhadap Novel bisa ditemukan hingga ke pelakunya. Hari ini, juga disebut Febri memasuki 10 bulan dari peristiwa penyerangan terhadap penyidik senior KPK itu pada 11 April 2017 silam.

Sebelumnya, Ombudsman RI menganjurkan agar Novel diperiksa terkait teror yang menimpanya. Polda Metro Jaya juga disarankan untuk memeriksa rekan-rekan kerja Novel di KPK untuk mendapatkan informasi baru. Selama ini KPK dinilai tidak cukup terbuka membantu Polri mengungkap perkara ini.


"Sesuai dengan pendapat banyak orang bahwa penyerangan Novel dikaitkan dengan tugasnya, maka dalam hal ini Novel sebagai penyidik KPK harus ngomong dan KPK sebagai tempat kerja Novel harus membantu, teman-temannya yang bertugas di KPK juga harus memberikan keterangan, ini tidak pernah dilakukan," ucap Anggota Ombudsman Adrianus Meliala, Kamis (8/2).
(nif/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed