DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 16:15 WIB

Dinas SDA: Air Sungai di Jakarta akan Dinaturalisasi Jadi Bening

Mochamad Zhacky - detikNews
Dinas SDA: Air Sungai di Jakarta akan Dinaturalisasi Jadi Bening adis SDA DKI Jakarta, Teguh Hendrawan Foto: Zhacky/detikcom
FOKUS BERITA: Banjir 2018
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin sungai-sungai di Ibu Kota dinaturalisasi. Konsep itu akan dikombinasikan dengan sistem pengolahan limbah (water treatment) agar air sungai di Jakarta menjadi bersih dan bisa dikonsumsi.

"Mungkin nanti konsep naturalisasinya itu bisa di-combine juga dengan treatment water. Yang tadinya air di Jakarta kan hitam, pekat nah itu nanti, katakanlah dinaturalisasi menjadi lebih bening, bahkan nanti ke depan dengan teknologi itu nanti bisa buat minum, air bersih," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).

Teguh menuturkan, pihaknya saat ini sedang berupaya merealisasikan keinginan Anies itu. Nantinya program naturalisasi sungai akan dijalankan seiring dengan program normalisasi.




Terkait niat menjernihkan air sungai di Jakarta, lanjut Teguh, Dinas SDA DKI Jakarta sebetulnya sudah menjalankan program water treatment di Kali Besar, Kota Tua, Jakarta Barat.

"Sudah, Pak Gubernur sudah sampaikan secara garis besar kepada kita. Nah, sekarang bagaimana di beberapa lokasi, beberapa titik itu bisa sebagai kawasan pilot project untuk membuat kali-kali itu lebih bening," ujar Teguh.

"Contoh yang memang berjalan tuh di Kali Besar yang sedang dalam progress. Jadi normalisasi kemudian naturalisasi, bagaimana sampai kali-kali kita itu bersih, bening," imbuh dia.


Teguh menambahkan, pihaknya akan terus berupaya merealisasikan keinginan Anies ini.
"Ya target harus tetap berjalan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kita kejar terus. Kita bisa evaluasi nanti di semester pertama atau nanti di akhir tahun," terang Teguh.

Anies sebelumnya mengatakan naturalisasi sungai merupakan salah satu cara mengatasi banjir di Jakarta. Naturalisasi, menurut Anies, akan mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.

"(Mengatasi banjir) salah satunya ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan (air) tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," kata Anies di Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2).

[Gambas:Video 20detik]


(zak/hri)
FOKUS BERITA: Banjir 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed