Jokowi Bantu Bangun Museum Tokoh Pers Adinegoro di Sawahlunto

Ray Jordan - detikNews
Kamis, 08 Feb 2018 19:18 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat tanah kepada keluarga tokoh pers dan sastra Indonesia, Djamaluddin Adinegoro, di Sawahlunto, Sumbar (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Sawahlunto - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampir ke rumah kelahiran tokoh pers dan sastra Indonesia, Djamaluddin Adinegoro, di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan kepada keluarga Adinegoro untuk membangun Museum Adinegoro.

Jokowi mengaku senang bisa mendatangi rumah kelahiran Djamaluddin Adinegoro. Djamaluddin menurutnya merupakan rokoh pers dan sastra yang bisa jadi panutan.

"Alhamdulillah saya bisa hadir di tempat yang sangat bersejarah, tempat beliau, Bapak Djamaluddin Adinegoro dilahirkan dan dibesarkan di sini. Beliau adalah tokoh pers besar dan sangat mempengaruhi dalam penulisan, dalam kesusastraan kita," kata Jokowi di kediaman keluarga Djamaluddin Adinegoro, Jl Prof Dr M Yamin, Pasar Talawi, Desa Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis (8/2/2018).


Jokowi mengaku mengenal beberapa karya Djamaluddin Adinegoro, seperti 'Darah Muda', 'Asmara Jaya' dan 'Melawat ke Barat'. Jokowi juga mengenal Adinegoro sebagai orang pertama yang membuat atlas Indonesia.

"Dan beliau membuat atlas pertama Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Djamaluddin Adinegoro merupakan tokoh pers yang bisa bisa jadi acuan. Mengingat saat ini kesusastraan mulai banyak ditinggalkan.


"Beliau tokoh pers yang betul-betul harus kita ingat. Karena sekarang ini kita ada kecenderungan meninggalkan kesusastraan. Sehingga baik sisi jurnalisme, sisi penulisan harus mengingat kembali kesejarahan dari beliau, Bapak Djamaluddin Adinegoro," kata Jokowi.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi juga sempat menyerahkan secara langsung sertifikat tanah kepada keluarga Djamaluddin Adinegoro. Nantinya di lahan tersebut keluarga akan membangun sebuah museum tentang Adinegoro.


"Dan tadi kita serahkan sertifikat tanah yang nanti keluarga besar akan dipakai untuk sebuah landasan membangun museum besar di sini, Museum Adinegoro, yang tentu saja nanti kesejarahan dari beliau akan diabadikan di dalam museum yang ada," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan berupa uang untuk pembiayaan pembangunan museum itu.

"Iya, tadi saya sudah menyampaikan kepada keluarga besar, pemerintah siap untuk memberikan bantuan untuk museum ini," kata Jokowi. (rjo/jbr)