DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 12:13 WIB

Sidang Setya Novanto

Ganjar Mengaku Miryam Pernah Sebut Dirinya Tak Terima Duit e-KTP

Faiq Hidayat - detikNews
Ganjar Mengaku Miryam Pernah Sebut Dirinya Tak Terima Duit e-KTP Suasana persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo mengaku pernah dikonfrontasi dengan Miryam S Haryani dalam pemeriksaan di KPK. Ganjar menyebut saat itu Miryam mengatakan dirinya tidak menerima aliran uang proyek e-KTP.

Awalnya hakim menanyakan apakah Ganjar mengenal Miryam. Ganjar pun mengaku mengenal Miryam karena memang saat itu sama-sama menempati Komisi II DPR.

"Iya kenal Bu Miryam, Komisi II," ujar Ganjar ketika bersaksi dalam sidang lanjutan perkara korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

Kemudian, Ganjar menceritakan tentang pemeriksaannya di KPK yang saat itu dikonfrontasi dengan Miryam. Menurutnya saat itu, penyidik KPK Novel Baswedan menginisiasi konfrontasi tersebut.

"Saya pernah dikonfrontir dengan Bu Miryam oleh Pak Novel, saya senang. Bu Miryam ditanya pernah kasih (uang) ke Pak Ganjar, (Miryam) bilang tidak terima, pokoknya Pak Ganjar tidak," ujar Ganjar.

[Gambas:Video 20detik]


Selain itu, Ganjar juga ditanya hakim tentang pemberian dari politikus Partai Golkar Mustokoweni. Namun, Ganjar mengaku menolaknya.

"Mustokoweni pernah sampaikan sesuatu, (atau) katakan sesuatu?" tanya hakim.

"'Dik ini jatahmu'," jawab Ganjar menirukan ucapan Mustokoweni padanya.

"Pemahaman Anda apa? Apa itu?" tanya hakim lagi.

"Ada yang akan diberikan, (berupa) uang. Saya bilang nggak usah," ujar Ganjar.

Kemudian, Ganjar menceritakan tentang adanya seseorang yang tiba-tiba memberikan padanya sebuah goody bag. Namun, lagi-lagi Ganjar mengaku telah menolaknya.
(fai/dhn)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed