DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 10:38 WIB

Fredrich Sewa Sebagian Ruang VIP di RS Medika untuk Novanto

Rina Atriana, Faiq Hidayat - detikNews
Fredrich Sewa Sebagian Ruang VIP di RS Medika untuk Novanto Fredrich Yunadi menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Jaksa KPK menyebut Fredrich Yunadi telah menyewa sebagian ruang VIP di RS Medika Permata Hijau. Menurut jaksa, sebagian ruang itu disewa keluarga Setya Novanto.

Awalnya jaksa mengatakan pada tanggal 16 November 2017 ketika Novanto disebut mengalami kecelakaan dan menjalani perawatan di rumah sakit itu, tim penyidik KPK mendatanginya. Namun Fredrich Yunadi malah meminta satpam rumah sakit untuk mengusir penyidik KPK.

"Terdakwa juga meminta Mansur, satpam RS Medika Permata Hijau, agar menyampaikan kepada penyidik KPK untuk meninggalkan ruang VIP dengan alasan mengganggu pasien yang sedang beristirahat," ujar jaksa KPK ketika membacakan surat dakwaan Fredrich dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

Jaksa menyebut ruang VIP itu berada di lantai 3, sedangkan Novanto dirawat di ruang VIP 323. Sebagian ruangan di lantai itu disebut jaksa telah disewa untuk Novanto.




"Di lantai 3 yang sebagian kamarnya sudah disewa keluarga Setya Novanto," imbuh jaksa.

Sebelumnya jaksa menyebut Fredrich berupaya menghalang-halangi penyidikan yang dilakukan KPK terhadap Novanto saat itu. Fredrich bersiasat dengan dr Bimanesh Sutarjo untuk merekayasa rekam medis Novanto.

Hal itu dilakukan semata-mata untuk menghindarkan Novanto dari panggilan penyidik KPK. Fredrich pun didakwa melakukan perbuatan merintangi proses penyidikan Novanto. Fredrich didakwa bersama-sama dr Bimanesh Sutarjo--yang dituntut dalam berkas terpisah.
(dhn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed