Pemerintah akan Berikan Bansos ke Keluarga Mantan Terpidana Teroris

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Senin, 05 Feb 2018 11:16 WIB
Foto: Menteri Sosial Idrus Marham (Denita Matondang/detikcom)
Jakarta - Pemerintah akan menyiapkan program bantuan sosial kepada keluarga mantan terpidana teroris. Bantuan ini bagian dari program deradikalisasi pemerintah.

"Tadi ada rapat koordinasi dalam rangka untuk menangani bagaimana masalah yang terkait dengan teroris dan juga masalah radikalisasi," kata Menteri Sosial Idrus Marham di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2018).


Menurut Idrus, pihaknya telah menyampaikan langkah-langkah dalam proses rehabilitasi dan perlindungan sosial kepada keluarga mantan terpidana teroris.

"Kami sudah menyampaikan bahwa Kemensos telah menyiapkan langkah-langkah perlindungan sosial kepada keluarga, kepada anak-anak bagaimana kelanjutan pendidikan anak-anak, bagaimana kehidupan keluarga," terangnya.


Kemensos akan mengajak kementerian dan lembaga lainnya untuk melaksanakan program bantuan sosial itu, termasuk pemberian lapangan kerja.

"Kita akan mencoba memodifikasi agar keluarga itu akan memiliki pekerjaan-pekerjaan secara permanen, sehingga secara pelan-pelan tapi pasti, ke depan akan memiliki kemandirian hidup sebagai keluarga yang layak hidup di negara kita ini," kata Idrus.


"Tentu fokusnya pada keluarga yang miskin, karena kita juga tahu yang terlibat dalam narapidana teroris, banyak memiliki kehidupan yang cukup," sambungnya.

Pihaknya juga telah memiliki data-data keluarga mantan narapidana teroris yang akan mendapatkan bantuan sosial. (fiq/jbr)