DetikNews
Sabtu 03 Februari 2018, 14:28 WIB

Aparat Desa Yakin Pembuat Batu Bersusun Misterius Punya Maksud Baik

Syahdan Alamsyah - detikNews
Aparat Desa Yakin Pembuat Batu Bersusun Misterius Punya Maksud Baik Penghancuran batu bersusun karena dikait-kaitkan dengan isu mistis/Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Meski menghancurkan susunan batu bersusun misterius, aparat desa Jayabakti Sukabumi meyakini si pembuat memiliki maksud baik dari penyusunan batu itu. Maksudnya baik, namun langsung disambar pihak tak bertanggungjawab yang memberi bumbu isu mistis.

Sekdes Jayabakti, Agus Muzamil dia mendapat informasi jika pembuat batu bersusun bermaksud untuk memberikan pesan positif untuk melestarikan sungai.

"Cuma belum sempat saya sampaikan ke warga isu mistis lebih dulu ramai," kata Agus ketika dihubungi, Sabtu (3/2/2018).

Pesan yang dimaksud itu adalah pesan untuk senantiasa menjaga lingkungan termasuk sungai. Akan tetapi ada pihak lain yang kemudian memberi bumbu mistis mengenai batu-batu itu di media sosial. Warga pun resah.



"Saya dapat informasi jika susunan itu sengaja dibuat sejumlah anak muda dengan maksud mengajak warga untuk menjaga lingkungan. Yang salahnya itu oleh yang pertama kali melihat mungkin kaget informasinya jadi liar hingga dikaitkan dengan fenomena alam dan mistis," kata Agus.

Agus telah lebih dulu melakukan riset mengenai kemunculan batu-batu bersusun seperti itu. Kejadian serupa beberapa kali terjadi di tempat lain.

"Sejak postingan itu viral saya sudah lebih dulu mencari tahu tentang susunan batu seperti itu, bahkan saya buka Youtube dan informasi pembanding. Ternyata kegiatan semacam itu memang banyak dilakukan oleh sejumlah komunitas," kata Agus.

Batu bersusun rapi sebanyak 90 buah paket susunan itu dipastikan bukan fenomena alam. Ada warga yang melihat sekelompok pemuda menyusun batu-batu itu. Namun apa motif dan bagaimana cara batu-batu tersebut disusun di tengah sungai masih misterius.
(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed