DetikNews
Jumat 02 Februari 2018, 19:43 WIB

KSAL Harap Markas Komando Ketiga TNI AL Segera Terealisasi

Ibnu Hariyanto - detikNews
KSAL Harap Markas Komando Ketiga TNI AL Segera Terealisasi Foto: KSAL Laksamana Ade Supandi saat kuliah umum/(Ibnu/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan TNI AL berkeinginan mempunyai markas komando armada ketiga. Menurutnya keinginan itu merupakan mimpi TNI AL sejak tahun 2000-an.

"Itu impian Angkatan Laut bukan mimpi saya saja. Keinginan itu sebenarnya sudah dari tahun 2000-an," kata Ade Supandi saat kuliah umum, di Sekolah Tinggi Telogi (STT) Rahmat Emmanuel, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2018).

Dia menjelaskan penambahan markas komando armada ketiga di wilayah timur bertujuan agar patroli laut lebih efektif dan efisien. Menurut dia, selama ini patroli laut di wilayah timur kurang efektif dan efisien karena letak markas komando armada yang terlalu jauh.

"Karena bentang wilayah dan sebagainya harus lebih efektif dan efisien, karena apa selama ini kapal dari Surabaya (Koarmatim) patroli ke timur. Kan nanti kalau sudah ada kantor di timur kan solarnya sedikit dan interaksi dengan masyarakat akan lebih bagus," ungkapnya.




Dia mengatakan bangunan yang rencana digunakan untuk markas komando armada ketiga itu sudah siap. Dia menyebut bangunan yang terletak di Sorong, Papua itu sudah ditinjau langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Infrastruktur armada ke tiga ini sudah siap di Sorong itu dan kemarin beliau (Panglima TNI Hadi Tjahjanto -red) sudah mengunjungi itu dan tidak ada masalah. Dan pada dasarnya kekuatan untuk TNI Angkatan Laut, armada ini tidak harus di kantor namanya Panglima Armadanya, kantornya itu di kapal kalau di kantor itu hanya istirahat," kata dia.

Sebelumnya, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan Indonesia memiliki perairan yang sangat luas. Luas perairan Indonesia dari Sabang sampai Merauke ini namun TNI AL baru memiliki dua armada yakni Komando Armada Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar) dan Komando Armada Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim).

Untuk itu, Ade menilai perlu adanya penambahan satu komando armada sehingga TNI AL punya tiga komando armada.

"(TNI) Angkatan Laut memandang perlu adanya tiga (komando) armada," kata Ade Supandi di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (11/1).
(ibh/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed