Bupati Kep Seribu Cerita Penyebab Krisis Ikan Segar di Pulau Tidung

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 29 Jan 2018 15:30 WIB
Pulau Tidung Foto: Noval/detikcom
Jakarta - Lurah Pulau Tidung melaporkan krisis ikan segar ke Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah menyebut kekurangan ikan karena kebutuhan konsumsi bagi wisatawan yang datang.

"Kan sebetulnya di sana (Pulau Tidung) daerah wisata. Jadi habisnya bukan berarti mereka tidak bisa makan ikan. Jadi ketika wisatawan datang ke sana, kemudian jadi kurang dia begitu," kata Irmansyah di Kepulauan Seribu, Senin (29/1/2018).

Irmasnyah mengatakan kebanyakan dari warga Pulau Tidung berprofesi di sektor wisata. Dirinya menyebut kunjungan wisatawan pada akhir tahun lalu sudah mencapai 35 ribu orang.


"Kemarin saja tanggal 29-30-31 itu yang datang ke pulau Tidung itu sampai 35 ribu. Itu luar biasa memang sekarang ini," terangnya.

Irmansyah akan menambah kembali keramba apung untuk menambah kembali stok ikan. "Jadi kalau perlu ditambah lagi untuk kerambanya. Pulau lain rasanya nggak pernah dengar ada krisis," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan menggiatkan kembali program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pengadaan keramba apung bagi nelayan. Dia menargetkan akan menambah produksi ikan segar hingga 25 persen.


"Harus ditambahkan 20 sampai 25 persen menurut saya, kapasitasnya. Karena ini dengan kita dorong pariwisata, kita dorong ini," jelasnya. (fdu/hri)