DetikNews
Jumat 19 Januari 2018, 06:48 WIB

Kepuasan Setya Novanto Pasca Reshuffle Kabinet Jokowi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kepuasan Setya Novanto Pasca Reshuffle Kabinet Jokowi Setya Novanto (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Lewat reshuffle kabinet jilid 3, Partai Golkar mendapat tambahan jumlah kursi di kabinet Presiden Joko Widodo. Sekjen demisioner Golkar, Idrus Marham menjadi menteri kedua setelah Airlangga Hartarto menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Eks Ketum Golkar, Setya Novanto ikut bahagia mendengar kabar tersebut. Terdakwa kasus korupsi e-KTP itu mengucapkan terima kasih ke Presiden Jokowi karena kader partainya diberi kepercayaan mengisi posisi menteri.

"Terima kasih Pak Jokowi percaya pada Partai Golkar. Terima kasih kepada Pak Jokowi karena sudah memberikan Pak Idrus yang terbaik," ucap Novanto sebelum menjalani sidang lanjutan kasus perkara korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2018).


Novanto pun mengaku bangga kader partainya bergabung ke kabinet Jokowi. Cita-cita mantan Ketua DPR itu pun terkabul.

"Tentunya kita terima kasih pada Pak Jokowi yang sudah memperhatikan apa yang sudah diprogramkan. Ini tentu buat Pak Jokowi tentu saya sangat hormat dan bangga, dan terealisasi apa yang dicita-citakan oleh Partai Golkar pada saat saya menjadi Ketua DPR," kata Novanto.

Menurutnya, penambahan kader Golkar di kabinet itu merupakan rencananya sejak awal saat menjadi Ketum Golkar. "Ya tentunya itulah yang sudah direncanakan sejak saya menjadi Ketua Partai Golkar," imbuh Novanto.


Ketika Pilpres 2014, Partai Golkar berseberangan dengan Jokowi. Kala itu Golkar mendukung Prabowo Subianto dan masuk Koalisi Merah Putih (KMP). Di bawah kepemimpinan Novanto, partai berlambang pohon beringin itu keluar dari KMP dan bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

Sejak resmi bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi-JK, Golkar mendapat jatah kursi menteri di Kabinet Kerja. Airlangga Hartarto merupakan kader pertama yang masuk ke kabinet. Airlangga dilantik menjadi Menteri Perindustrian, yang kini menjadi Ketum Golkar menggantikan Novanto.


Meski sudah lengser dari posisi ketum, Novanto berharap Golkar tetap konsisten mendukung pemerintahan Jokowi-JK. Apalagi dengan bertambahnya kursi menteri untuk partai beringin itu.

"Ya kita harapkan terus kita mendukung pemerintahan, mendukung Pak Jokowi seperti komitmen yang sudah dilaksanakan saat kita munas, mubes bersama-sama Pak Aburizal Bakrie. Dan tentu ini akan menjadi hal yang lebih baik ke depan untuk meningkatkan partai Golkar nanti," ujar Novanto.

[Gambas:Video 20detik]




(ams/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed