DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 13:51 WIB

Jokowi Dikelilingi Purnawirawan Jenderal, Moeldoko: Ini Kehormatan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi Dikelilingi Purnawirawan Jenderal, Moeldoko: Ini Kehormatan Moeldoko saat sertijab dengan Teten Masduki (Foto: Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Jenderal (purn) Moeldoko menambah deretan 'bintang' TNI yang berada di lingkar pemerintah Presiden Jokowi. Menurut Moeldoko yang baru saja jadi Kepala Staf Kepresidenan, hal ini semakin baik untuk membuat keputusan.

"Saya pikir sesuatu kalau bervariasi akan lebih indah dilihat. Kan begitu saja. Jadi semakin bervariasi, pasti banyak hal yang--apa ya--kalau kita membuat keputusan itu mesti banyak berbagai pertimbangan," ungkap Moeldoko usai serah terima jabatan di Gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2018).



Moeldoko berpikir bahwa semakin banyak orang, maka semakin banyak pula masukan untuk membuat keputusan. Namun ia enggan menilai apa maksud Jokowi menambah purnawirawan TNI di kabinetnya.

"Saya tidak bisa menilai Presiden. Intinya siapapun yang diberi kepercayaan oleh presiden, sebuah kehormatan yang harus dijalankan," kata Moeldoko.



Moeldoko sendiri baru tahu akan dilantik jadi Kepala Staf Kepresidenan dini hari tadi. Namun tak masalah baginya, karena menurut dia tugas adalah kehormatan.

"Bagi kita waktu masih berdinas, tugas adalah kehormatan, kehormatan adalah segala-galanya," kata Moeldoko.

Selain Moeldoko, sudah ada Jenderal (purn) Wiranto di posisi Menko Polhukam, Jenderal (HOR) (purn) Luhut Panjaitan, serta Jenderal (purn) Ryamizard Ryacudu. Selain itu ada pula Jenderal (purn) Try Sutrisno di Unit Kerja Presiden - Pembinaan Ideologi Pancasila, dan juga Jenderal (purn) Agum Gumelar yang baru saja menjadi anggota Wantimpres.



(bpn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed