DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 11:53 WIB

Golkar: Cari Menteri Seperti Airlangga Tidak Gampang

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Golkar: Cari Menteri Seperti Airlangga Tidak Gampang Reshuffle Kabinet Jokowi Jilid 3 (Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto aman dari kebijakan reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Menurut Golkar, memang sulit mencari menteri pengganti sekelas Airlangga.

"Ya ini Pak Airlangga ini jadi Ketum Golkar itu di tengah jabatan menteri yang tinggal satu setengah tahun ya. Mungkin Pak Presiden punya pertimbangan sendiri," ujar politikus Golkar M Sarmuji di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

"Karena mencari menteri dengan kapasitas yang baik dengan dukungan politik yang memadai, memiliki kemampuan teknis, teknokaratis, seperti Pak Airlangga, itu juga tidak gampang," imbuhnya.




Presiden Jokowi pernah mengatakan menterinya mesti fokus dan tidak merangkap jabatan, termasuk di parpol. Sarmuji memandang apa yang dilihat Jokowi dari Airlangga sebelum memutuskan reshuffle terkait dengan performa.

"Sepanjang itu berarti peningkatan kinerja Pak Jokowi, terjaganya kemampuan pemerintahan dalam melaksanakan tugasnya, menurut saya tidak ada masalah," katanya.

Dalam reshuffle jilid 3 ini, Presiden Jokowi mengganti Mensos Khofifah Indar Parawansa dengan Idrus Marham. Posisi Kepala Staf Presiden yang sebelumnya dijabat Teten Masduki kini disandang Jenderal (Purn) Moeldoko.


Jokowi juga melantik Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Marsekal Yuyu Sutisna sebagai KSAU.
(gbr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed