DetikNews
Jumat 12 Januari 2018, 14:20 WIB

Selain Jatim, Presidium 212 Sorongkan Calon di Bogor dan Cirebon

Andhika Prasetia - detikNews
Selain Jatim, Presidium 212 Sorongkan Calon di Bogor dan Cirebon Presidium Alumni 212 saat jumpa pers, Kamis (11/1) (Foto: Seysha/detikcom)
Jakarta - Presidium Alumni 212 tak hanya menyorongkan calon kepala daerah di wilayah Jatim untuk Pilkada 2018 kepada PAN-PKS-Gerindra. Wilayah lainnya yang direkomendasikan adalah Kota Bogor dan Kota Cirebon.

Untuk Kota Bogor, Alumni 212 menyodorkan nama Nur Sukma. Namun PKS dan Gerindra mengusung Ahmad Ruyat. Sedangkan PAN mengusung kadernya sekaligus incumbent Bima Arya. Menurut PAN, Bima juga merupakan alumni Aksi 212.


"Bima kan juga setuju dengan 212. Jadi jangan mesti yang diusulkan 212 yang untuk maju," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto kepada wartawan, Jumat (12/1/2018).


[Gambas:Video 20detik]


Sedangkan di Pilwalkot Cirebon, alumni 212 menyorongkan Dede Muharam. Akhirnya, PAN memilih Siswadi jadi cawalkot Cirebon.

"Tapi Gerindra dengan berbagai pertimbangan mengusulkan Pak Siswadi. Itu juga penggerak utama 212, kader PAN. Mungkin kalau ada beberapa nama di Cirebon ya jangan Dede Muharam," sebut Yandri.

Hal senada disampaikan PKS yang juga tak mengusung Dede. PKS menyatakan kantornya di Cirebon sempat dikepung.


"DPD Kota Cirebon dikepung pendukung calon yang marah karena PKS tidak memberi rekom. Buat kami, ini bagian dari interaksi dengan keumatan," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.


Sebelumnya, Presidium Alumni 212 yang diwakili Muhammad Al-Khaththath menyampaikan kekecewaannya lantaran rekomendasi 5 calon kepala daerah yang tak diusung PKS-PAN-Gerindra. Salah satunya adalah Pilgub Jatim, di mana alumni 212 mendukung La Nyalla Mattalitti.


"Jadi, dari lima nama, salah satunya Mas La Nyalla, itu tidak satu pun yang diberi rekom. Kita kan menganggap para ulama sudah memperjuangkan dengan pengerahan Aksi Bela Islam 212 yang sangat fenomenal dan kita di Jakarta sudah berhasil memunculkan Gubernur Anies-Sandi," ujar Al-Khaththath dalam jumpa pers, Kamis (11/1).
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed