DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 10:25 WIB

Pimpinan MPR Dukung UKP Pancasila Ditingkatkan Selevel Kementerian

Andhika Prasetia - detikNews
Pimpinan MPR Dukung UKP Pancasila Ditingkatkan Selevel Kementerian Hidayat Nur Wahid Foto: Dok. MPR
Jakarta - Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) akan ditingkatkan menjadi badan selevel kementerian. Pimpinan MPR mendukung hal tersebut.

"Jadi kalau menurut saya memang saya setuju ditingkatkan derajat struktural sehingga di bawah langsung Presiden untuk kemudian bisa lebih efektif untuk mensosialisasikan Pancasila dan 4 pilar," kata Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Menurut Hidayat, saat ini pembinaan ideologi Pancasila sudah mendesak. Hidayat berpendapat, UKP PIP dapat bekerja secara efektif jika ditingkatkan setingkat kementerian.

"Setara dengan Baznas, KPK, Badan Siber sehingga mempunyai posisi efektif koordinasi dengan lembaga lainnya," tutur Hidayat.


"Karena semakin mendesak untuk UKP PIP ini karena kalau terjebak dengan seminar, menurut kami bukan jawaban. Menurut kami UKP PIP derajatnya bisa koordinasi dan sosialisasi internal P4 itu kepada pimpinan negara, membuat trainer agar pihak semakin banyak dampak berantai UKP," tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan UKP PIP bakal berubah menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila pada pekan depan. Penggawa Badan ini terdiri atas kepala badan, wakil kepala badan, tiga deputi, dan sektetaris utama untuk menjamin kemandirian dalam penggunaan anggaran.


"Kenapa ini menjadi sebegitu penting? Karena kita lihat ideologi Pancasila ini menjadi hal yang sangat urgen untuk kepentingan bangsa dalam jangka panjang. Siapa pun yang menjadi presiden, selama ideologinya Pancasila, badan ini akan tetap ada," kata Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (10/1).
(dkp/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed