DetikNews
Senin 08 Januari 2018, 17:40 WIB

PN Jakut: Mediasi Gugatan Cerai Ahok-Vero Bisa di Mana Saja

Indra Komara - detikNews
PN Jakut: Mediasi Gugatan Cerai Ahok-Vero Bisa di Mana Saja Pejabat Humas PN Jakarta Utara, Jootje Sampaleng (Indra Komara/detikcom)
FOKUS BERITA: Ahok Gugat Cerai Vero
Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan memberi kesempatan mediasi atas gugatan cerai yang dilayangkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terhadap istrinya, Veronica Tan. Tempat mediasi bisa dilaksanakan di PN Jakarta Utara atau di lokasi lain.

"Mediasi ya terserah untuk sementara biasa di sini, tapi pada suatu saat mereka mau mediasinya di luar ya terserah aja," ujar pejabat Humas PN Jakut, Jootje Sampaleng, di kantornya, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Jootje juga mengatakan proses mediasi diserahkan sepenuhnya kepada mediator dari kedua belah pihak. Namun dia mengingatkan, jika proses mediasi dilakukan di luar pengadilan, itu membutuhkan biaya.

Ruang mediasi di PN Jakarta UtaraRuang mediasi di PN Jakarta Utara (Indra Komara/detikcom)

"Kalau mediator umpamanya maunya di sini (PN Jakut), oke. Sebab, apa sulitnya kalau hanya penggugat dan tergugat. Mau berdamai suami-istri kan tidak mungkin dilakukan terbuka," katanya.


Jootje kemudian menjelaskan proses mediasi akan berlangsung selama 30 hari setelah ditetapkan. Namun durasinya bisa diperpanjang apabila dalam proses mediasi ada tanda berdamai.

"Mediasi itu 30 hari setelah ditetapkan dia harus melaporkan, kalau ada tanda perdamaian boleh diperpanjang. Kalau sebelum 30 hari sudah tidak tercapai segera dilaporkan ke majelis untuk persidangan lanjutan," paparnya.

Ruang mediasi di PN Jakarta Utara Ruang mediasi di PN Jakarta Utara (Indra Komara/detikcom)

Dalam proses mediasi, Ahok-Vero diwajibkan hadir. Hal itu tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung (MA) Nomor 1 Tahun 2016.


Kewajiban hadir diatur dalam Pasal 6 yang berbunyi 'para pihak wajib menghadiri secara langsung pertemuan mediasi dengan atau tanpa didampingi oleh kuasa hukum'.

Sedangkan berdasarkan Perma Nomor 1 Tahun 2008, mediasi dapat dilaksanakan selama 40 hari kerja. Waktu ini dapat diperpanjang lagi selama 14 hari.

Video 20Detik: PN Jakut Ingatkan Ahok dan Vero bahwa Damai Itu Indah

[Gambas:Video 20detik]


(hri/hri)
FOKUS BERITA: Ahok Gugat Cerai Vero
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed