detikNews
Kamis 04 Januari 2018, 16:25 WIB

Jelang Pilkada Papua, Kapolda Imbau Timses Tak Provokasi Massa

Zunita Amalia Putri - detikNews
Jelang Pilkada Papua, Kapolda Imbau Timses Tak Provokasi Massa Foto: Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar. (Grandyoz Zafna-detikcom)
Jakarta - Polisi bekerja sama dengan tokoh agama dan tokoh adat untuk mewujudkan Pilkada Papua yang damai. Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar meminta para tim sukses pasangan calon untuk tidak memprovokasi massa.

"Kami juga mohon kepada paslon dan timses untuk tidak memobilisasi massa untuk tujuan yang tidak baik, jadi itu sudah kita sampaikan, sehingga para tokoh juga ikut menyuarakan. Kita ingin seluruh siapapun yang ikut kontestasi Pilkada ini siap menang dan siap kalah, serta sepakat untuk melakukan secara damai," kata Boy di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018).

Selain itu, Boy juga mengatakan akan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu untuk mengamankan saat pendafataran Pilkada Papua nanti.

"Kita akan lihat dengan seksama, dan tentu kita akan jalin komunikasi, kerja sama dengan KPU, Bawaslu, untuk bisa kita amankan rangkaian pendaftaran pasangan calon," imbuh dia.

Sementara itu, Boy mengatakan belum ada indikasi gerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) mengganggu Pilkada Papua. Namun, pihaknya sudah berjaga bersama TNI mengamankan titik-titik rawan.

"Memang sejauh ini belum terlihat ada hubungan langsung antara pilkada dengan gerakan KKB, jadi KKB agenda-agendanya selama ini memang lain, tetapi ke depan sangat dimungkinkan dia ikut mengganggu," jelas dia.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com