DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 09:34 WIB

Sandi: Capaian Kinerja Keuangan DKI Berkat Ahok, Djarot, Soni, Anies

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sandi: Capaian Kinerja Keuangan DKI Berkat Ahok, Djarot, Soni, Anies Sandiaga Uno (Foto: Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Capaian kinerja keuangan DKI Jakarta melebihi ekspektasi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan hal itu berkat kerja kolektif empat gubernur.

"Ini berkat kerja kolektif antara pemerintah DKI semua aparat dan tentunya ada 3 gubernur, 4 gubernur tahun 2017. Mulai dari Pak Basuki, Pak Soni (Sumarsono), Pak Djarot dan Pak Basuki lagi Pak Djarot lagi dan Pak Anies," kata Sandi, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2018).

Sandi memamerkan kinerja keuangan DKI tahun 2017 menunjukkan pendapatan dan penerimaan di atas 100 persen. Penyerapan anggaran yang sebesar 81 persen, kata Sandi, meski dinilai kurang namun meningkat dari tahun sebelumnya.

"Ini kerja kolektif jadi super team yang hasilkan capaian yang menurut kami mudah-mudahan bisa jadi motivasi untuk 2018 agar lebih baik lagi," ujarnya.

Kendati kinerja keuangan DKI menunjukkan peningkatan yang positif, Sandi mengaku tak ingin mudah puas. Ia tak ingin kinerja keuangan mengalami penurunan di tahun 2018.

"Tantangannya di 2018 penyerapan harus digenjot dari awal taun. Kita tidak mau hockey stick. Kita nggak mau di ujung meningkatnya," ungkapnya.




Sandi ingin, kinerja keuangan DKI Jakarta terus mengalami peningkatan. Baik dari penerimaan, pendapatan, maupun penyerapan anggaran.

"Kita maunya bentuk kurvanya seperti landai gitu dan menyebabkan serapannya baik, sehingga di awal taun kita juga bisa lihat mana yang bisa jalan mana yang nggak. Sehingga kita pertengahan tahun bisa lakukan penyesuaian," tuturnya.

"Fokus kita tetap di penyerapan lapangan kerja di mana kita bisa ciptakan iklim kondusif. Tantangan dari bu Sri Mulyani ekonomi Jakarta tumbuh di atas 7% itu mungkin impossible. Tapi buat saya itu mungkin ya," lanjut Sandi.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed