DetikNews
Selasa 02 Januari 2018, 12:43 WIB

Jokowi dan Menhub Segera Bahas Keluhan Difabel soal Kereta Bandara

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi dan Menhub Segera Bahas Keluhan Difabel soal Kereta Bandara Presiden Jokowi di kereta bandara (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Penyandang disabilitas mengeluhkan kurangnya fasilitas bagi mereka di Kereta Bandara Soekarno-Hatta saat mereka menjajal bareng Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi telah mendengar keluhan itu.

"Tadi disampaikan (soal fasilitas) baik di bandaranya sendiri maupun di kereta, masih ada keluhan (dari penyandang) disabilitas," kata Jokowi usai turun dari kereta, di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (2/1/2018).



Dia sendiri melihat sebenarnya sudah ada fasilitas untuk kaum difabel. Hanya saja masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki demi kenyamanan pengguna transportasi umum ini.

"Meskipun saya lihat di sini akses untuk disabilitas juga sudah ada, tapi memang banyak keluhan-keluhan yang tadi disampaikan," kata Jokowi.

"Nanti saya akan rembuk dengan Menteri Perhubungan," tandas Jokowi.



Kaum Difabel juga diundang menjajal Kereta Bandara ini. Mereka mengeluhkan pelayanan petugas, soal kesulitan menemukan kursi kusus disabilitas, soal tidak adanya celah untuk pengguna kursi roda, dan soal suara pengumuman dan notifikasi dalam kereta yang kurang keras untuk tunarungu, dan perlunya peningkatan pengumuman secara visual demi kemudahan untuk tunarungu.



(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed