Pengumuman! Buku Balita Berkonten LGBT Bisa Dikembalikan ke Penerbit

Ahmad Toriq - detikNews
Sabtu, 30 Des 2017 11:19 WIB
Pertemuan Retno Listiyarti (jilbab putih) dengan pihak penerbit. (dok. KPAI)
Jakarta - Penerbit Pustaka Widyatama bersedia bertanggung jawab atas beredarnya buku balita yang memuat konten LGBT. Penerbit bersedia membeli kembali buku itu.

Buku yang diduga mengampanyekan LGBT pada balita itu berjudul 'Balita Langsung Lancar Membaca' dengan metode BSB (Bermain Sambil belajar), yang ditulis oleh Intan Noviana dan Purnama Andri Murdapa. Penerbit Pustaka Widyatama, Jumat (29/12/2017) kemarin, mengklarifikasi ke KPAI.

Pihak penerbit ditemui oleh Komisioner KPAI Retno Listiyarti. Penerbit menyatakan kepada KPAI bahwa halaman buku yang diunggah ke media sosial pada Desember 2017 dipastikan adalah buku lama yang sudah ditarik dari pasar. Namun, karena buku sudah telanjur dibeli orang tua, penerbit sulit menarik, kecuali orang tua mengembalikan buku yang dibelinya kepada penerbit untuk dihancurkan.

"Untuk itu, penerbit mengimbau, apabila saat ini masih ditemui buku tersebut di pasaran, maka penerbit memohon untuk ditarik dan dikembalikan ke penerbit. Untuk yang sudah terlanjur dibeli perorangan, penerbit bersedia membeli kembali untuk kemudian akan dihancurkan," kata Retno dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/12).


Dalam pertemuan dengan KPAI, penerbit sudah memberikan data penulis. KPAI akan memanggil kedua penulis.

"KPAI akan mengirimkan surat panggilan kepada Intan Noviana dan Purnama Andri Murdapa langsung ke yang bersangkutan, karena sudah mendapatkan kontak dan alamatnya dari pihak penerbit, mengingat Intan Noviana sangat produktif menulis buku untuk Balita Belajar Membaca," ujar Retno.

"KPAI akan meminta penulis membawa buku-bukunya yang lain karena khawatir masih terselip kata-kata yang serupa dengan konten yang tidak layak. Pemanggilan direncanakan pertengahan Januari 2017," pungkasnya. (tor/rvk)