DetikNews
Jumat 29 Desember 2017, 18:00 WIB

Pengusaha Rental, Hati-hati Pencurian Modus Sewa Mobil!

Mei Amelia R - detikNews
Pengusaha Rental, Hati-hati Pencurian Modus Sewa Mobil! Ilustrasi pencurian mobil (Telegraph)
Jakarta - Usaha penyewaan mobil mengalami peningkatan pada musim liburan ini. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan penyewaan mobil untuk pergi berlibur pada akhir tahun.

Pengusaha rental mobil diimbau mewaspadai kejahatan pencurian kendaraan. Pasalnya, bisa saja ada sindikat pencurian kendaraan dengan modus menyewa kendaraan.

"Sewa kendaraan menjadi salah satu modus pelaku curanmor yang sering kita temukan. Kami menerima sejumlah laporan terkait modus tersebut sepanjang 2017 ini," kata Kasubdit Ranmor Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Antonius Agus kepada detikcom, Jumat (29/12/2017).


Sepanjang 2017, Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya menerima 846 laporan polisi terkait kasus pencurian kendaraan bermotor. Dari angka tersebut, beberapa di antaranya modus rental kendaraan.

"Khusus LP curanmor dengan modus sewa itu ada 118 kasus, cukup tinggi," imbuh Agus.


Untuk modus pencurian atau penggelapan kendaraan dari rental ini, pelaku menyewa kendaraan ke korban untuk beberapa hari. Mereka biasanya menyerahkan identitas palsu ketika hendak menyewa kendaraan.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada pengusaha rental agar mengecek identitas penyewa. Kalau bisa jangan hanya meminta fotokopi KTP, tetapi juga dengan melampirkan fotokopi kartu keluarga (KK)," lanjut Agus.

Pemilik rental diimbau menyeleksi calon konsumen. Lebih disarankan, calon konsumen memiliki rekomendasi dari orang yang bisa dipercaya pemilik rental.


"Kalau perlu, penyewa ini punya rekomendasi dari orang yang sudah dikenal baik oleh penyewa, agar ketika ada masalah sama konsumen ini bisa menelusuri latar belakang konsumen," sambungnya.

Sebagai pengamanan, pemilik rental juga diimbau melengkapi kendaraannya dengan alat GPS (global positioning system). Jadi, ketika dibawa kabur, kendaraan tersebut bisa dilacak.

"Pasang GPS di tempat yang tersembunyi," cetusnya.
(mei/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed