DetikNews
Rabu 27 Desember 2017, 02:23 WIB

Kondisi Jalan Menuju Makam Cut Meutia di Aceh Utara Memprihatinkan

Datuk Haris Molana - detikNews
Kondisi Jalan Menuju Makam Cut Meutia di Aceh Utara Memprihatinkan Foto: Jalan menuju Makam Cut Meutia (ist)
Aceh Utara - Biasanya setiap Makam Pahlawan Nasional di seluruh Nusantara selalu dirawat oleh pemerintah setempat. Tak terkecuali jalan menuju makamnya, namun hal berbeda terjadi pada Makam Cut Meutia di Desa Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Aceh.

Kondisi jalannya yang penuh hutan belantara, berlumpur serta kerap longsor dipastikan orang-orang yang mau berziarah harus berpikir panjang, apalagi jarak tempuhnya mencapai 23 km dari pusat kecamatan.

Kondisi demikian, membuat iba salah seorang Anggota DPD RI Sudirman kala mengunjungi pusara pejuang wanita asal Aceh Utara tersebut.


Kondisi Jalan Menuju Makam Cut Meutia di Aceh Utara MemprihatinkanFoto: Jalan menuju Makam Cut Meutia (ist)


Menurutnya, jalan menuju makam Cut Meutia selama ini luput dari perhatian. Dibandingkan dengan kondisi jalan menuju makam pahlawan lainnya di provinsi lain, Makam Cut Meutia sama sekali tidak dijamah oleh pemerintah setempat.

Sudirman pun mengajak masyarakat setempat bersama-sama membersihkan sepanjang jalan menuju makam tersebut. Saat ini, masyarakat setempat hanya dibekali satu unit alat berat jenis eksavator namun masyarakat terkendala dengan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM). Mereka membutuhkan sekitar dua ton minyak untuk mengoperasikan alat berat tersebut.


Kondisi Jalan Menuju Makam Cut Meutia di Aceh Utara MemprihatinkanFoto: Jalan menuju Makam Cut Meutia (ist)


"Saya merasa prihatin, tidak seharusnya kondisi ini luput dari perhatian kita semua, Cut Meutia adalah Pahlawan Nasional dan syuhada, tidak seharusnya jalan menuju makam beliau kondisinya seperti ini," sebut Sudirman.

Dia meminta kepada pemerintah jangan melupakan sejarah, jasa para pahlawan sangat besar dalam memperjuangkan negeri ini.

"Jika kondisi aksesnya seperti ini bagaimana masyarakat berziarah?" pungkasnya.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed