DetikNews
Senin 25 Desember 2017, 20:35 WIB

Pantau PKL-Opang di Tanah Abang, Pemprov DKI akan Pasang CCTV

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Pantau PKL-Opang di Tanah Abang, Pemprov DKI akan Pasang CCTV Foto: Wagub DKI Sandiaga Uno (Muhammad Fida/detikcom)
FOKUS BERITA: Anies Rombak Tanah Abang
Jakarta - Pemprov DKI akan memasang CCTV di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Wagub DKI Sandiaga Uno mengatakan pihaknya hendak memantau segala aktivitas PKL, ojek pangkalan (opang), ojek online, hingga pejalan kaki.

"Ke depannya nanti kita mungkin akan install CCTV," kata Sandi, di Kawasan Pondok Kacang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (25/12/2015).

Pemasangan CCTV itu juga bertujuan untuk memastikan adanya perilaku-perilaku yang dinilai masih melanggar aturan usai penerapan penataan Tanah Abang. Sehingga, lanjutnya, nantinya akan ada bukti yang valid.

"Jadi bukan katanya katanya. Jam berapanya tepatnya itu," ujarnya.

Pemasangan CCTV itu akan dilakukan pada setiap jarak yang dapat memantau situasi dan kondisi kawasan Tanah Abang. Terutama, kata Sandi, memantau trotoar bersih dari PKL dan motor.

"Itu harga mati. Trotoar itu kan memuliakan pejalan kaki itu nomor satu," katanya.

Sandi juga mengatakan akan menurunkan tim yang akan rutin mengecek kawasan tersebut. Nantinya, setiap pelanggaran yang ada akan dipastikan ditindak secara tegas.

"Begitu kelihatan kita akan tindak tegas," tegasnya.

Tim tersebut, kata Sandi, akan rutin mengecek seminggu sekali. Selain tim, ia juga akan terus mengevaluasi pelaksanaan konsep penataan yang dimulai sejak Jumat (22/12) lalu itu melalui data yang didapatnya dari Jakarta Smart City.

"Terus dari segi datanya satu bulan, tiga bulan, kita akan terus. Baru keliatan penataan ini setelah 6 bulan sebenarnya," ucap Sandi.



Ia pun berharap dengan adanya CCTV dan tim yang akan memantau dan mengawasi perilaku di Tanah Abang, maka akan ada perubahan perilaku ke arah yang positif. Terutama, kata Sandi, perubahan perilaku dari pedagang yang masih berjualan di tempat yang bukan peruntukannya.

"Kita harap mereka akan berubah prilaku dari kebiasaan mereka berjualan di trotoar," ujar Sandi.
(nvl/nvl)
FOKUS BERITA: Anies Rombak Tanah Abang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed