Panglima TNI: Ada 3 Perwira Tinggi Diajukan Jadi Pengganti KSAU

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 19 Des 2017 11:51 WIB
{anglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Dok. Instagram @puspentni)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut ada 3 perwira tinggi yang diajukan untuk menjadi pengganti Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Ketiga nama itu segera dikirimkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

"Hari ini kita akan kirimkan calon-calon itu kepada Panglima TNI, kemudian dari Panglima TNI segera mengirimkan kepada Presiden melalui Mensesneg," ucap Hadi di lapangan tembak Wing 1 Paskhas, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (19/12/2017).


"Ada 3 (perwira tinggi yang diajukan)," imbuh Hadi.

Posisi Kepala Staf Angkatan harus diisi oleh perwira tinggi bintang 4 sesuai dengan matranya sehingga yang berpeluang menjadi KSAU adalah perwira tinggi dengan 3 bintang di di pundaknya.


Di TNI AU, ada 4 perwira tingginya yang menduduki pos bintang 3. Mereka adalah Wakil Gubernur Lemhannas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Wakil KSAU Marsda Yuyu Sutisna dan Kepala Badan SAR Nasional Marsda M Syaugi.

Meski begitu, Marsda Yuyu dan Marsda Syaugi masih menyandang bintang 2 meski sudah menduduki pos bintang 3. Mereka hanya tinggal menunggu kenaikan pangkat dari Mabes TNI. (ibh/dhn)