DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 17:42 WIB

PDIP Beri Sinyal Kembali Usung Ganjar Sebagai Cagub Jateng

Tsarina Maharani - detikNews
PDIP Beri Sinyal Kembali Usung Ganjar Sebagai Cagub Jateng Ganjar Pranowo (Dok Pemprov Jateng)
Jakarta - PDIP telah mengumumkan empat calon kepala daerah pada hari ini. Calon gubernur Jawa Tengah belum ikut diumumkan, namun PDIP memberi sinyal bakal mengusung Ganjar Pranowo kembali sebagai cagub Jateng pada 2018.

"Ketika kami mengadakan FGD (Focus Group Discussion), survei, ternyata mereka mengapresiasi pemimpin yang diusung oleh PDIP. Kami memiliki tradisi untuk memberikan kesempatan dua periode selalu," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di sela acara Rakornas 3 Pilar PDIP di ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (16/12/2017).

Hasto lantas menyebut contoh kepala daerah yang lanjut ke periode kedua yakni Djarot Saiful Hidayat sebagai Wali Kota Blitar, Joko Widodo sebagai Wali Kota Surakarta, Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya, dan Budi Sulistyono sebagai Bupati Ngawi.

Baca juga: Ganjar Pranowo: PDIP akan Umumkan Nama Cagub Jateng Pada 4 Januari

Soal kepastiannya, Hasto menyatakan PDIP sudah meneken tanda setuju. Hanya saja pengumumannya belum dilakukan. Bukan hanya Jawa Tengah, namun calon gubernur untuk Jawa Barat juga demikian.

"Tidak hanya mengerucut, tapi sudah menandatangani," kata dia.

Nanti PDIP bakal menentukan tema khusus untuk mengumumkan cagub Jateng dan Jabar. Tinggal masalah momentum saja, permasalahan koalisi tidak ada.

"Green light (lampu hijau) sudah ada," kata dia.

Ganjar disebut dalam dakwaan kasus e-KTP sebagai pihak yang dirayu oleh Setya Novanto untuk memperlancar proses pembahasan anggaran di Komisi II DPR. Jaksa KPK melalui surat dakwaan untuk Setya Novanto menyatakan Ganjar menolak permintaan itu.

"Yang jelas kami hormati proses hukum yang terjadi. Kami tidak pernah melakukan intervensi ke KPK, tapi kami mengharapkan KPK juga tidak dipengaruhi oleh kepentingan," kata dia.
(dnu/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed