DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 17:29 WIB

Petugas Sudin SDA Masih Berjibaku Perbaiki Tanggul Jebol Jati Padang

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Petugas Sudin SDA Masih Berjibaku Perbaiki Tanggul Jebol Jati Padang Foto: Petugas berjibaku perbaiki tanggul di Kali Jati Padang (Vino-detikcom)
Jakarta - Tanggul Kali Pulo, Jati Padang, Jakarta Selatan kembali jebol, Sabtu (16/12) kemarin. Petugas dari Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan pun langsung memperbaiki tanggul tersebut.

Pantauan detikcom, Minggu (17/12/2017), para petugas yang mengenakan baju biru itu bergantian mengangkut batu. Batu itu lalu dipasang dan diberikan semen.

Para petugas tampak bekerja keras untuk memastikan kawasannya tak kebanjiran lagi. Ini sesuai dengan permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar tanggul segera diperbaiki secepatnya.

"Hari ini kita langsung, sebenarnya sejak dua hari lalu, langsung sudah membangun turap permanen. Setinggi kurang lebih dua meter, supaya tidak melimpah kali Pulo ini. Kegiatan ini dilakukan secara terus menerus. Nanti malam ada shift dua," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA, Firman saat ditemui di lokasi.





Firman menerangkan perbaikan tanggul ini berkejaran dengan waktu. Sebab cuaca akhir-akhir ini relatif sering hujan.

"Kuta target secepatnya, karena ada cuaca. Kita tidak bisa target satu hari, dua hari," ujarnya.

Selan itu, perbaikan tanggul yang dekat Masjid Sabili ini berbeda dengan perbaikan tanggul sebelumnya. Petugas harus memperbaiki mulai dari fondasi tanggul.

"Kalau yang di sana meninggikan, di pondasi sudah, cuma kalau ini di sini sudah jebol. Kita bangun lagi dari awal," terangnya.


Petugas Sudin SDA Masih Berjibaku Perbaiki Tanggul Jebol JatipadangFoto: Petugas berjibaku perbaiki tanggul di Kali Jati Padang (Vino-detikcom)

Petugas Sudin SDA Masih Berjibaku Perbaiki Tanggul Jebol JatipadangFoto: Petugas berjibaku perbaiki tanggul di Kali Jati Padang (Vino-detikcom)


Arief juga menjelaskan, total ketinggian tanggul yang sedang diperbaiki ini sekitar 3 meter. Sedangkan jumlah personel yang dikerahkan mencapai 80 orang.

"Pondasi kita 80 sampai 1 meter, tinggi turap 1,8 meter sampai 2 meter," jelasnya.

Terakhir, dia berharap tanggul ini dapat mencegah terjadinya banjir. Masyarakat pun diimbau untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Ke depan mengimbau masyarakat peduli seperti tidak membuang sampah karena ini menyebabkan kali sempit," tutupnya.
(knv/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed