Massa Aksi Bela Palestina: Take Back Your Decision Mr Trump!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 17 Des 2017 03:45 WIB
Spanduk 'take back your decision Mr Trump!' (Foto: Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta - Massa 1712 atau Bela Palestina berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan salat subuh berjamaah. Mereka terlihat membawa banyak spanduk bertuliskan protes kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengklaim sepihak bahwa Yerusalem merupakan ibu kota Israel.

Pantauan di lokasi, Jl Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakpus, Minggu (17/12/2017), massa yang membawa spanduk tersebut berasal dari beberapa kelompok. Salah satu spanduk tersebut berisi protes kepada Trump dan meminta Presiden AS itu mencabut pernyataannya soal Yerusalem. Spanduk itu berbahasa Inggris.

"Take back your decision, Mr Trump!" bunyi salah satu spanduk yang dibawa massa. Kurang lebih artinya adalah "Tarik kembali keputusan Anda, Tuan Trump".

Jemaah aksi bela Palestina membawa atribut dukunganJemaah aksi bela Palestina membawa atribut dukungan (Foto: Gibran Maulana/detikcom)
Selain spanduk tersebut, ada juga yang menyuarakan tentang totalitas dukungan terhadap Palestina. Spanduk-spanduk itu berbunyi "#SayaIndonesia #DukungPalestinaMerdeka", "Al Quds haram bagi Zionis", dan "#AksiSolidaritasPalestina".

Massa yang akan beraksi membela Palestina terlihat sudah memadati kawasan Istiqlal sejak pukul 02.50 WIB. Bahkan, ada yang sengaja datang jauh dari Riau untuk ikut aksi damai ini.

Massa terlebih dahulu akan melaksanakan ibadah salat Subuh sebelum beraksi membela Palestina.

"Dari Riau sama anak-istri. Berangkat kemarin 20.45 naik Batik Air," ujar seorang peserta aksi bernama Arif Munir (40).

Ada juga rombongan massa anak-anak yang memakai ikat kepala bertuliskan dukungan untuk Palestina. Mereka juga membawa atribut bendera dan poster-poster bernada serupa.

"Dari Garut," ucap seorang bocah lelaki dengan polos saat ditanyai asal daerahnya.

(gbr/ams)