Massa Aksi Bela Palestina Mulai Padati Masjid Istiqlal

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 17 Des 2017 03:10 WIB
Jemaah aksi bela Palestina mulai padati Masjid Istiqlal (Foto: Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta - Massa 1712 atau aksi bela Palestina mulai mendatangi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Mereka berdatangan guna beribadah salat subuh sebelum beraksi membela Palestina.

Pantauan di Masjid Istiqlal, Jl Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017), massa mulai berdatangan sejak pukul 02.50 WIB. Jemaah lelaki datang dengan menggunakan setelan baju muslim lengkap dengan kopiah atau peci.

Jemaah aksi bela Palestina mulai padati Masjid Istiqlal Jemaah aksi bela Palestina mulai padati Masjid Istiqlal (Foto: Gibran Maulana/detikcom)
Untuk jemaah perempuan, mereka datang dengan memakai hijab. Ada yang datang berkelompok dan juga sendiri-sendiri. Kebanyakan mereka terlihat datang bersama rekannya.

Masih berdasarkan pantauan mata, massa terlihat membawa beberapa bendera yang akan dikibar-kibarkan dalam aksi nanti. Mereka juga memakai syal dengan motif bendera Palestina. Ada juga yang memakai ikat kepala bertuliskan "Save Palestina".
Munir datang bersama istri dan anaknya jauh-jauh dari Riau untuk aksi bela PalestinaMunir datang bersama istri dan anaknya jauh-jauh dari Riau untuk aksi bela Palestina Foto: Gibran Maulana/detikcom

Massa yang datang terlihat menuju ke arah dalam masjid. Mereka bersiap melaksanakan ibadah salat subuh.

Salah satu peserta aksi, Arif Munir (40), mengaku sengaja datang ke Jakarta jauh-jauh dari Riau untuk menyuarakan protesnya kepada Presiden Donald Trump yang mengklaim sepihak kalau Yerusalem merupakan ibu kota Israel. Arif datang bersama istri dan anaknya.

"Dari Riau sama anak-istri. Berangkat kemarin 20.45 WIB naik Batik Air. Saya ngikutin FB Bachtiar Nasir, ada ngajak aksi bela Palestina," ucap Arif. (gbr/ams)