DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 16:24 WIB

Melihat Kampoeng Selfie di Medan, Dulu Kumuh Kini Berseri

Jefris Santama - detikNews
Melihat Kampoeng Selfie di Medan, Dulu Kumuh Kini Berseri Kampoeng Selfie di Medan, Sumatera Utara, menarik perhatian warga yang melintas. (Jefris Santama/detikcom)
Medan - Kampoeng Selfie di Medan, Sumatera Utara, menarik perhatian warga yang melintas. Permukiman warga dan dinding gang berwarna-warni menjadi spot favorit warga untuk berfoto ria.

Kampoeng Selfie terletak di Jalan Dr Cipto, Gang Sudiaman, Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan. Perpaduan warna biru, merah, hijau, ungu, dan kuning membuat permukiman padat penduduk ini tampak sangat berseri.

 Kampoeng selfie ini terletak di Jalan Dr. Cipto, Gang Sudiaman, Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan.Kampoeng Selfie terletak di Jalan Dr Cipto, Gang Sudiaman, Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan. (Jefris Santama/detikcom)


Lurah Anggrung, Ananda Sulung, mengatakan sebelumnya permukiman ini kumuh dan terdapat tumpukan sampah. Setelah sekitar sebulan yang lalu, kampung ini berubah drastis.

"Kampoeng Selfie digagas oleh Pak Camat. Saya menuangkan ide saja. Kini kekumuhan tidak tampak lagi. Sekarang menjadi indah," kata Sulung saat berbincang dengan detikcom di Kampoeng Selfie, Sabtu (16/12/2017).

Perpaduan warna biru, merah, hijau, ungu, kuning menjadikan pemukiman padat penduduk ini sangat berseri terlihat.Perpaduan warna biru, merah, hijau, ungu, dan kuning menjadikan permukiman padat penduduk ini tampak sangat berseri. (Jefris Santama/detikcom)

Ia menjelaskan inovasi ini juga atas anjuran dari Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. Sulung menjelaskan kampung tersebut dibuat indah agar masyarakat menjadi nyaman dan tenang.

"Kampung Selfie ini konsep lingkungan. Kami ada tanami tanaman untuk menambah keindahan. Lalu, di depan rumah warga juga ditanami tanaman. Kami ingin masyarakat merasa senang," terang Sulung.

"Kami berupaya untuk menghilangkan citra kumuh. Kami memaksimalkan lahan di perkotaan. Atap rumah warga juga dicat warna-warni. Sekarang keluhan sampah nol. Di sini, masyarakatnya beragam suku dan agama," sambungnya.
 Lurah Anggrung, Ananda Sulung, mengatakan sebelumnya pemukiman ini kumuh dan terdapat tumpukan sampah. Setelah sekitar sebulan yang lalu, kampung ini berubah drastis. Lurah Anggrung, Ananda Sulung, mengatakan sebelumnya permukiman ini kumuh dan terdapat tumpukan sampah. Setelah sekitar sebulan yang lalu, kampung ini berubah drastis. (Jefris Santama/detikcom)


Salah seorang pengunjung Kampoeg Selfie, Febri (22), datang ke permukiman warga tersebut bersama dua temannya. Mereka merupakan mahasiswi USU yang tinggal di Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

"Penasaran dengan tempat ini. Tahunya dari media sosial, makanya kami kemari. Kami ngekos di daerah Padang Bulan," katanya.

 Salah seorang pengunjung Kampoeg Selfie, Febri (22), datang ke pemukiman warga tersebut bersama dua temannya. Salah seorang pengunjung Kampoeg Selfie, Febri (22), datang ke permukiman warga tersebut bersama dua temannya. (Jefris Santama/detikcom)

Menurutnya, Kampoeng Selfi ini bagus. Lokasi ini, kata dia, membuat orang penasaran untuk datang berfoto.

"Bagus tempatnya. Maunya ada tempat yang tinggi untuk bisa melihat pemandangan kampung ini dari atas," ujar Febri.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed