Pengacara: Setya Novanto Masih Lemas, Masih Agak Sakit

Indra Komara - detikNews
Sabtu, 16 Des 2017 14:58 WIB
Maqdir Ismail (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Terdakwa kasus e-KTP Setya Novanto mengaku sakit di persidangan perdana, Rabu (13/12). Hingga kemarin, Novanto disebut masih sakit.

"Kemarin masih lemas, masih agak sakit. Saya nggak tahu sudah bisa dibawa ke dokter atau belum," kata pengacara Setya Novanto, Maqdir Ismail, di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2017).


Novanto memang mengaku sakit dalam persidangan perdana, tapi dokter mengatakan mantan Ketua DPR itu sehat. Maqdir menyinggung soal dokter-dokter yang memeriksa Novanto di Pengadilan Tipikor pada persidangan perdana.

"Saya punya pengalaman lain mengenai keterangan dokter IDI, makanya saya katakan di persidangan, saya minta untuk diperiksa dari dokter yang lain. Ada satu perkara, keterangan dokter IDI menyimpulkan bahwa orang ini layak disidangkan, dia sehat. Ketika dibawa ke pengadilan ternyata orang ini hanya bisa tiduran di ranjang. Diperiksa oleh doktor dokter IDI dan dokter lain menunjukkan orang ini tidak sehat," tutur Maqdir.

"Saya tidak meragukan, yang sama mau itu ada dokter lain yang memeriksa kemarin, yang kami harapkan dokter RSPAD," imbuhnya.

Sebenarnya dokter dari RSPAD sudah datang pada Rabu (13/12) lalu, tapi dokter umum. Novanto menolak diperiksa oleh dokter itu. (tor/tor)