detikNews
Jumat 15 Desember 2017, 10:43 WIB

Aksi Bela Palestina Dimulai di Istiqlal, Dilanjut ke Istana Merdeka

Jabbar Ramdhani - detikNews
Aksi Bela Palestina Dimulai di Istiqlal, Dilanjut ke Istana Merdeka Masjid Istiqlal (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Jakarta - Aksi Bela Palestina akan digelar pada Minggu (17/12/2017) nanti. Aksi akan dimulai dengan salat subuh berjemaah di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan penyampaian aspirasi di seberang Istana Merdeka.

"Kita kumpul di Istiqlal dan sekitar Istiqlal untuk salat subuh berjemaah di istiqlal, lalu zikir-zikir. Dan menyampaikan aspirasi soal pembebasan Palestina di Taman Pandang Istana yang di seberang Istana," kata Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis saat dihubungi, Jumat (15/12).


Dia mengatakan rencananya aksi ini akan digelar hingga pukul 11.00 WIB. Cholil mengatakan, untuk pergerakan massa dari Istiqlal menuju Taman Pandang Istana, tak dilakukan dengan long march.

"Nggak (long march), jalan masing-masing. Kita kan orang dengan sukarela datang. Ada orang yang datang dari berbagai daerah dengan bus," ucap dia.


Cholil mengatakan aksi ini dilakukan terkait klaim sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Menurutnya, klaim tersebut melanggar peraturan internasional.

"Aksi ini agar Donald Trump mengurungkan kebijakannya karena ini berkenaan dengan kapatuhan terhadap hukum internasional," tuturnya.
(jbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com