DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 13:01 WIB

Fahri Minta Airlangga Serahkan Nama Ketua DPR Sebelum 9 Januari

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Fahri Minta Airlangga Serahkan Nama Ketua DPR Sebelum 9 Januari Foto: Gibran Maulana/detikcom
Jakarta - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto belum memutuskan siapa politikus Golkar yang akan menjabat sebagai ketua DPR. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta Airlangga mengirim nama ketua DPR baru sebelum pembukaan masa persidangan di awal Januari agar bisa segera dilantik.

"Calon pengganti itu akan diproses, mudah-mudahan kalau bisa ada pelantikan langsung nanti tanggal 9 Januari," ujar Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

"Begitu masuk, kita bisa langsung menyelenggarakan pelantikan pada hari pertama sehingga ketua yang dilantiklah nanti yang menyelenggarakan pidato pembukaan," imbuh dia.

Seperti apa sosok ketua DPR yang diharapkan Fahri?

"Tanya partai politik, kita nggak punya hak menolak. Kalau sudah memang keputusan bulat dan legal partai politik," ujar Fahri.

Nama politikus Golkar seperti Ketua Banggar DPR Aziz Syamsuddin, Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali, Kahar Muzakir, hingga Agus Gumiwang Kartasasmita, hingga Fadel Muhammad muncul sebagai kandidat kuat ketua DPR pengganti Novanto.

Airlangga Hartarto, usai terpilih aklamasi sebagai ketum Golkar, tak mau terburu-buru memutuskan nama ketua DPR baru. Airlangga akan mengirimkan nama ketua DPR baru di Januari 2018, sebelum DPR membuka masa persidangan.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed