Praperadilan Setya Novanto Ditunda, Hakim Bacakan Putusan Besok

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 13 Des 2017 14:08 WIB
Sidang Praperadilan Setya Novanto di PN Jaksel. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Hakim Kusno menunda sidang praperadilan Setya Novanto. Sidang akan kembali dilanjutkan besok dengan agenda kesimpulan dan putusan.

"Kita tunda besok (Kamis, 14 Desember) pagi pukul 09.00 WIB untuk kesimpulan dan putusan pukul 14.00 WIB," kata Kusno di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera, Pasar Minggu, Rabu (13/12/2017).



Sebelum sidang ditunda, Kusno sempat bertanya terlebih dahulu kepada pemohon dan termohon mengenai penyerahan kesimpulan. Keduanya sepakat menyerahkan kesimpulan besok.

"Jadi perkara ini sudah selesai, kemudian selanjutnya majelis akan memberikan kesempatan untuk pemohon dan termohon untuk mengajukan kesimpulan," tutur Kusno.

Kusno pun meminta setiap pihak tertib pada waktu praperadilan. Dia berharap putusan bisa dibacakan sesuai dengan yang ditargetkan pada awal persidangan.

"Jadi kalau menganukan kesimpulan, nggak enak kalau tunda terus. Hari Kamis besok, kesimpulan diserahkan. Mudah-mudahan nggak usah nunggu pukul 15.00 WIB, pukul 14.00 WIB sudah dibacakan putusan," terangnya.

Praperadilan hari ini digelar dengan agenda mendengarkan keterangan ahli dari KPK. Pakar hukum tata negara Zainal Arifin Mochtar hadir sebagai ahli KPK.

Selain itu, KPK menayangkan video sidang pokok perkara Novanto sebagai bukti yang diminta hakim Kusno saat praperadilan pada Selasa (12/12) kemarin. (knv/idh)