DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 11:56 WIB

Petugas Pastikan Tanggul Kali Pulo di Jati Padang Tak Jebol Lagi

Eva Safitri - detikNews
Petugas Pastikan Tanggul Kali Pulo di Jati Padang Tak Jebol Lagi Penanganan Tanggul Kali Pulo di Jati Padang yang jebol Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta - Hingga kini petugas masih terus mengerjakan perbaikan tanggul Kali Pulo di Jati Padang, Jakarta Selatan, yang jebol dan bikin rumah warga kebanjiran. Petugas memastikan tanggul sementara ini tidak akan jebol lagi.

detikcom memantau pengerjaan perbaikan tanggul Kali Pulo di Jati Padang, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2017). Petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan, Pasukan Oranye (PPSU), Dinas Pemadam Kebakaran dan TNI tampak sibuk bekerja.

"Kita sedang melaksanakan pemasangan bronjong untuk menahan air, mungkin hari ini bronjongnya selesai," kata staf SDTA Jakarta Selatan, Wiwid Mugiono saat ditanya di lokasi. Penyedotan air dengan pompa portable juga dilakukan.

"Untuk pengecorannya mungkin nanti, kami belum ada instruksi dari pimpinan. Tunggu anggaran. Tanggul permanen mudah mudahan Januari 2018 awal," sambungnya.

Penanganan Tanggul Kali Pulo di Jatipadang yang jebolPenanganan Tanggul Kali Pulo di Jati Padang yang jebol Foto: Eva Safitri/detikcom

Wiwid mengatakan, tanggul darurat yang dibangun ini tidak akan jebol lagi meski ada hujan deras. Dia memastikan tanggul kuat menahan tekanan air.


"Satu bronjong sekitar 1,7 kubik batu kalinya, untuk tekanan air juga dia kuat nggak akan geser. Nanti belakangnya kita tanggul lagi dengan karung pasir. Nggak akan jebol lagi kan kita udah lapis depannya pakai kerucuk dolken, pakai bronjong batu kali, kan nanti belakangnya dilapis lagi. Saya yakin tanggulnya kuat," jelasnya.

Staf Kelurahan Jati Padang bagian lingkungan hidup, Nursaindah Muntaz, juga mengatakan tanggul sementara ini kuat. Pihaknya telah menjalankan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar mempercepat proses peninggian tanggul.

"Masalah yang sekarang ini terjadi dengan tanggul ini mungkin biaa teratasi, mudah-mudahan sih nggak sampai lama ada langsung permanen," ujarnya.
(hri/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed