DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 17:18 WIB

Mengenal Gedung Merah-Putih KPK yang 'Cacat' Meski Baru Beroperasi

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Mengenal Gedung Merah-Putih KPK yang Cacat  Meski Baru Beroperasi Gedung Baru KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Gedung Mera-Putih KPK baru beroperasi awal tahun ini. Namun gedung yang belum genap setahun digunakan ini mengalami kerusakan akibat terpaan hujan deras.

Dalam catatan detikcom, Senin (11/12/2017), gedung Merah-Putih yang bertempat di Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Jakarta Selatan, ini dibangun pada 2013-2015. Pengerjaannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Hutama Karya dengan nilai kontrak Rp 195 miliar.

Gedung dibangun di atas lahan seluas 8 hektare. Di dalam gedung utama ini terdapat 16 lantai, dua basement, serta lahan parkir yang dapat menampung sekitar 280 kendaraan.

Sementara itu, di belakangnya terdapat gedung penunjang dan rutan KPK cabang Jakarta Timur. Kapasitas total rutan itu untuk 37 orang, yang terdiri atas 29 tahanan pria dan 8 tahanan wanita.

Gedung ini kemudian diresmikan pada 29 Desember 2015, tapi baru benar-benar beroperasi pada Januari 2017.




Plafon Gedung KPK AmblasPlafon gedung baru KPK jebol. (Nur Indah/detikcom)


Gedung yang belum genap setahun beroperasi ini mengalami kerusakan. Plafon lobi depan KPK jebol saat hujan deras disertai angin kencang dan petir menyambar. Lima lempengan plafon kini menggantung dan menyebabkan air yang tertahan sebelumnya mengucur melalui sela-sela.

Saat ini cone pembatas dipasang di area bawah plafon tersebut, bersama garis batas KPK. Ini dilakukan untuk menghindari orang melewati jalur di bawah plafon yang menggantung nyaris jatuh itu.

Belum ada penanganan lebih jauh hingga kini karena hujan deras masih berlangsung.
(nif/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed