DetikNews
Jumat 08 Desember 2017, 18:34 WIB

Strategi Panglima TNI Marsekal Hadi Hadapi Tahun Politik

Danu Damarjati - detikNews
Strategi Panglima TNI Marsekal Hadi Hadapi Tahun Politik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto siap menjaga stabilitas guna menghadapi tahun politik. Ia berjanji, bersama Polri, akan bersikap netral.

"Kami bersama-sama dengan komponen lainnya, dengan Polri, akan senantiasa menjaga. Seperti yang Jenderal Gatot (eks Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo) sampaikan pada waktu di Akpol, bahwa kami akan netral terhadap jalannya pemilihan," ujar Marsekal Hadi setelah dilantik di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2017).




Tahun politik yang dimaksud adalah menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Marsekal Hadi menjamin akan bersinergi dengan Polri untuk menghadapi tahun politik.

"Dan kami juga akan melaksanakan kegiatan ini bersama-sama polisi, kami solid dengan polisi untuk menjaga jalannya pesta demokrasi ini sehingga netralitas akan kami jaga di atas segala-galanya," jelas Marsekal Hadi.


Sebelumnya, Marsekal Hadi sudah membeberkan janji-janjinya saat menjabat Panglima TNI. Marsekal Hadi berjanji menjaga netralitas TNI dan tak terlibat dalam politik praktis.


"Netral caranya kita memperkuat jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Di sana disebutkan bahwa TNI tidak berpolitik praktis dan mengikuti kebijakan politik negara," kata Marsekal Hadi seusai paripurna di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (7/12).
(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed