DetikNews
Jumat 08 Desember 2017, 10:24 WIB

Operasi Premanisme, Polisi Siaga di Tempat Keramaian

Mei Amelia R - detikNews
Operasi Premanisme, Polisi Siaga di Tempat Keramaian Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Polda Metro Jaya menggelar Operasi Premanisme untuk menciptakan situasi kondusif menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Dalam operasi ini, polisi menyasar pelaku kriminal di tempat-tempat keramaian.

"Operasi ini dalam rangka menindak lanjuti atensi pimpinan terkait operasi cipta kondusif menjelang Natal dan Tahun Baru untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Jumat (8/12/2017).

Dalam operasi ini, anggota polisi melakukan pengamanan dengan pola tertutup dan terbuka. Pola pengamanan terbuka dengan mengedepankan patroli anggota berseragam. Sebaliknya pengamanan terutup dilaksanakan oleh anggota reserse dan intel yang menyamar di tengah-tengah masyarakat.

"Sehingga ketika terjadi gangguan kamtibmas apapun, baik itu kejahatan kriminal konvesional maupun kejahatan terorganisir dapat segera teratasi, sehingga di situ negara hadir," lanjut Argo.

Selama operasi ini, polisi melakukan pengamanan di tempat-tempat keramaian, pusat perbelanjaan hingga stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan. Segala kejahatan akan ditindak polisi.

"Sasaran operasi mulai dari copet, jambret, curanmor dan kejahatan lainnya," sambung Argo.

Dua kawanan pencopet yang beraksi di pusat Gambir Expo PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, ditangkap anggota Unit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Kamis (7/12) malam. Dua pelaku Asan Basri (28) dan Zainal Ramadan (31) ditangkap dengan barang bukti 3 unit handphone dari tangan keduanya.

"Barang bukti dari ketiga pelaku ada 1 unit iPhone 5 warna hitam, 1 unit iPhone 6 dan 1 unit smartphone Xiaomi milik korban," sambung Argo.

Kedua pelaku beredar di tengah-tengah kerumunan pengunjung. Mereka menyasar dompet atau pun handphone yang disimpan di saku celana korban.
(mei/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed