DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 21:04 WIB

9 Jam di Kejari, Bos First Travel Dibawa ke Rutan Depok

Zunita Amalia Putri - detikNews
9 Jam di Kejari, Bos First Travel Dibawa ke Rutan Depok Bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuann, di mobil tahanan dari Kejari Depok, Kamis (7/12/2017)/Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Depok - Penahanan bos First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan, dipindahkan ke Rutan Depok. Berkas perkara ketiga tersangka dugaan penipuan perjalanan umrah ini sudah dilimpahkan Bareskrim Polri ke Kejari Depok.

Pantauan detikcom, Andika, Anniesa, dan Kiki keluar dari Kejari Depok, Jl Boulevard Raya, Pancoran Mas, pada pukul 20.18 WIB, Kamis (7/12/2017). Pada siang tadi, ketiganya datang sekitar pukul 11.15 WIB.



Saat keluar dari Kejari Depok, Andika hanya berkomentar singkat ketika ditanya mengenai total aset yang disita mencapai Rp 40 miliar. "Saya serahkan sama pengacara," katanya.

Sedangkan Anniesa diam dan hanya menjawab soal kondisi kesehatannya. Ketiga tersangka yang mengenakan baju tahanan ini langsung dibawa menggunakan mobil tahanan Kejari Depok ke Rutan Depok.

Sementara itu, pengacara bos First Travel, Rusdianto Matulatuwa, menyebut aset senilai Rp 40 miliar yang disebut polisi tidak termasuk aset yang disita dan diserahkan ke Kejari Depok.

"Kalau dia masukkan Rp 40 miliar, berarti harus ada appraisal dong yang menentukan itu dalam bentuk nominal uang. Tapi tidak pernah menggunakan jasa appraisal. Kalau menurut aku, Rp 40 miliar itu dalam bentuk rekening dan uang," katanya.



Hari ini penyidik Bareskrim Polri melakukan pelimpahan perkara tahap kedua. Selain tersangka, sederet bukti ikut dibawa ke Kejari Depok.

Koordinator pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung Heri Jerman menyebut barang bukti itu di antaranya 774 gaun, 11 mobil, 3 rumah tinggal, 1 apartemen, dan 1 gedung kantor. Ada juga uang Rp 1.539.715.000 yang akan dipindahbukukan dari rekening Polri ke rekening Kejaksaan.



Ada 8 jaksa yang menjadi tim penuntut umum perkara bos First Travel. Jaksa akan menyusun surat dakwaan penipuan perjalanan umrah First Travel.

"Ada 4 orang dari Kejagung, saya ketua timnya, dan nanti dibantu JPU dari Kejari Depok. Jadi ada 8 orang," ujar Heri.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed